1. Home
  2. ยป
  3. Creator
4 November 2019 12:10

Sejarah 9 dessert terpopuler di dunia, nikmat dan menggugah selera

Kalau ada kesempatan, cobain deh berbagai dessert nikmat ini. Istimrora Raka

Kalau kita sedang makan, biasanya ada tiga hidangan yang akan disajikan. Yang pertama adalah appetizer atau makanan pembuka, dilanjutkan dengan main course atau hidangan utama, lalu diakhiri dengan dessert atau hidangan penutup yang biasanya identik dengan makanan-makanan manis yang menggugah selera.

Nah, artikel kali ini akan membahas 10 dessertpaling populer di dunia dengan sejarahnya yang menarik. Apa saja ya kira-kira? Yuk pantengin terus artikel ini.


1. Baklava, Turki.

Rasa-rasanya daftar manisan dan makanan penutup terbaik di dunia tidak akan lengkap tanpa kehadiran baklava dari Timur Tengah. Berbentuk seperti puding manis, baklava sering kali disajikan di restoran-restoran sebagai dessert andalan. Kamu juga dapat memesannya di kafe sebagai camilan pagi atau sore hari.

Baklava terbuat dari lapisan pastry filo setipis kertas, mentega, kacang cincang dan sirup manis yang wangi dengan perasa mawar atau air bunga jeruk. Biasanya dibuat dalam satu loyang besar, dipanggang dan kemudian disiram dengan lebih banyak sirup sebelum dipotong menjadi potongan-potongan kecil.

2. Pavlova Cake, Selandia Baru dan Australia.

Ada yang mengatakan bahwa kue Pavlova ini dibuat untuk mengenang dan sebagai salah satu penghormatan bagi Anna Matveevna Pavlova, seorang penari balet di Rusia yang dikenal sebagai salah satu bintang paling terang dalam dunia balet. Makanan penutup ini memiliki lebih dari 600 resep dengan dibumbui bermacam-macam legenda dan kontroversi seputar asal-usulnya. Katanya, begitu kamu mencicipi makanan penutup yang dibuat dengan meringue renyah, buah-buahan, dan krim, sensasi rasanya tak terlupakan di otak kita saking enaknya.

3. Dadar Gulung, Indonesia.

Gak kalah dengan negara-negara luar, kita juga punya dessert atau makanan penutup khas Indonesia, yaitu dadar gulung. Dadar memiliki arti "pancake" dan gulung yang berarti "digulung". Sudah sejak lama dessert tradisional ini menjadi salah satu makanan penutup paling populer di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Dadar gulung ini dibuat dengan daun pandan. Bentuknya seperti pancake gulung hijau diisi dengan kelapa manis parut dan gula Jawa.Kamupastipernah ya makan ini. Bentuknya mungkin sangat sederhana, namun soal rasa jangan ditanya lagi.

4. Crme Brulee, Prancis.

Makanan penutup sederhana ini cocok untuk disiapkan di rumah kalau kamu memiliki oven. Francois Massialot, koki kapal Duke of Orleans, menemukan Creme Brulee pada abad ke-17. Pada tahun 1691, resep ini diterbitkan dalam sebuah buku yang ia buat. Namun, Creme Brulee membuat orang-orang berpikir tentang krim Catalonian sebagai salah satu acuan yang dia gunakan untuk resep Crme Brulee ketika dia bepergian melalui Catalonia di Spanyol. Kue lembut dengan krim dan lapisan tipis karamel renyah ini telah disajikan tidak hanya di kafe mana pun di Prancis, tetapi juga di Eropa dan bahkan tempat lain di dunia.

5. Sacher Cake, Austria.

Kue ini adalah salah satu makanan penutup terbaik di dunia yang dibuat pada tahun 1832 oleh Franz Sacher yang saat itu baru berusia 16 tahun. Hal ini tentu saja langsung membuatnya terkenal. Kue tersebut dinamai menurut namanya untuk menghormatinya.

Dessert satu ini terdiri dari spons biskuit yang diisi dengan selai aprikot yang diiris dan dilapisi dengan cokelat. Rahasia otentiknya dijaga ketat, dan hanya orang-orang pastry di Hotel Zaher di Kota Wina, Austria yang tahu tentang resepnya.

6. Apple Pie, Amerika Serikat.

Apel ditemukan di Dunia Baru saat zaman kolonial pertama. Butuh bertahun-tahun sebelum simpatisan menghasilkan buah ini sendiri. Makanan penutup satu ini jauh lebih tua dari negara Amerika Serikat itu sendiri. Kefanatikan mereka terhadap makanan penutup ini menjadikannya sebagai simbol nasional untuk kesehatan. Apple Pie adalah kue pai yang diisi dengan apel dalam kulit renyah dan di atasnya dilengkapi es krim vanilla, whipped cream, atau keju cheddar.

7. Nanaimo Bar, Kanada.

Makanan penutup Kanada yang terkenal ini berasal dari Kota Nanaimo, Provinsi British Columbia. Dessert satu ini berbentuk kue tart dengan tiga lapisan rasa di mana lapisan pertamanya adalah bit waffle, diikuti oleh lapisan gula krim yang kaya, lalu di atasnya dilapisi dengan cokelat leleh yang dibentuk kotak.

8. Gulab Jamun, India.

Gulab jamun berbentuk seperti donat goreng built yang direndam dan diguyur dalam sirup manis. Gulab jamun dibuat dengan mencampurkan susu bubuk kering, tepung, yoghurt, dan mentega yang telah diperkuat dengan perasa sebelum digulung menjadi bola dan digoreng. Kemudian direndam dalam sirup infus selama beberapa jam sebelum diisi dengan kacang yang dihancurkan lalu disajikan.

Ini adalah salah satu makanan penutup terbaik dari seluruh dunia, yang secara tradisional disajikan untuk merayakan festival dan pesta atau untuk menyambut para tamu di Asia Selatan. Jika kamu bepergian ke India, Bangladesh, Pakistan, Nepal, atau Sri Lanka selama liburan musim panas, ada kemungkinan besar kamu akan disuguhi gulab jamun di restoran yang kamu datangi.

9. Mochi, Jepang.

Di antara makanan penutup terbaik yang datang dari bagian timur Asia, Mochi adalah salah satu yang harus masuk daftar. Makanan penutup tradisional Jepang ini mendapatkan namanya dari bahan pembuatnya, yaitu nasi ketan jenis Mochi Gome. Orang Jepang terus menumbuknya dalam mortar sampai berubah menjadi pasta dan mereka membuat pelet atau scone darinya.

Hidangan terkenal ini tidak hanya disajikan selama perayaan Tahun Baru mereka di Jepang, tetapi juga sepanjang tahun. Makanan penutup ini disajikan dengan satu sendok es krim. Saat ini, Mochi sudah tidak terbatas di Jepang saja, tetapi negara-negara lain juga menyertakan makanan penutup ini di restoran dan kafe mereka. Di Indonesia pun sudah banyak yangmenjual Mochi.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags