1. Home
  2. ยป
  3. Creator
15 Oktober 2020 13:55

Punya harapan hidup tinggi, ini 6 rahasia panjang umur orang Jepang

Gak cuma hidup sehat, ternyata ada beberapa rahasia panjang umur ala orang Jepang. Heni Welson

Seperti yang diketahui, orang Jepang kebanyakan hidup lebih lama dibandingkan orang-orang di negara lain. Harapan hidup rata-rata di Jepang adalah sekitar 85,3 tahun. Sebagai perbandingan, orang Amerika rata-rata hidup hingga 80 tahun.

Sebenarnya apa saja sih yang menjadi faktor penyebab tingginya harapan hidup orang Jepang? Berikut informasinya.


1. Dietsehat dan seimbang.

Makanan khas Jepang kebanyakan mengandung biji-bijian dan sayuran. Orang di sana tidak makan banyak daging merah seperti orang Amerika Serikat atau Eropa Barat. Daging merah memiliki lebih banyak kolesterol daripada ikan, yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Selain itu, orang Jepang tidak mengonsumsi produk susu dalam jumlah yang banyak. Mereka lebih memilih mengonsumsi teh hijau di mana teh hijau mengandung banyak antioksidan sedangkan susu merupakan sumber lemak jenuh yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan Alzheimer.

2. Lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga.

Merawat orang yang lebih tua atau membantu orang-orang di sekitar rumah adalah tradisi penting di Jepang. Banyak pula warga Jepang yang multigenerasi, ini berarti dua generasi atau lebih dapat tinggal serumah.

Sehingga, memiliki seluruh keluarga di sekitar dan menghabiskan banyak waktu bersama itu normal. Hal ini bisa meningkatkan kesehatan psikologis bagi orang tua di Jepang.

3. Ikigai: Punya alasan untuk bangun setiap hari.

Ikigai secara harafiah dapat diartikan "alasan keberadaan". Konsep memiliki arah atau tujuan hidup itulah yang lahir di Jepang dan sekarang mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Psikolog Jepang Michiko Kumano menggambarkan ikigai sebagai mengabdikan diri pada hal-hal yang disukai dan memiliki perasaan pencapaian dan kepuasan.Peneliti dari Tohoku University menemukan bahwa orang yang mengetahui dan mempraktikkan ikigai dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan hidup lebih lama.

4. Pola hidup bersih.

Dunia mengingat video viral siswa-siswi Jepang yang membersihkan sekolah.Jepang memiliki reputasi sebagai salah satu negara "terbersih" di dunia (yang diperjelas dengan melihat jumlah wabah penyakit di Jepang dibandingkan dengan di Eropa). Dan tidak perlu dibuktikan bahwa kebersihan mengarah pada kesehatan yang baik.

Tidak selalu tampak seperti norma budaya di belahan dunia lain untuk mencuci tangan dan mandi setiap hari, tetapi menjaga kebersihan akan membantumu terhindar dari penyakit (terutama ketika kamu sudah tua).

5. Menggunakan metode "hara hachi bu" untuk menghindari makan berlebihan.

Hara hachi bu berarti "makan sampai kamu merasa kenyang 80%" di mana hal itu adalah filosofi konfusianisme yang mengajarkan seseorang untuk menghindari makan berlebihan dan makan sampai kamu merasa 80% kenyang.

Penulis The Okinawa Program: How the Longest-Lived People Achieve Everlasting Health And How You Can Too, Bradley, Craig Wilcox, dan Makoto Suzuki menyarankan bahwa metode ini dapat memperpanjang harapan hidup lansia dengan membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi.

6. Lebih memilih berjalan kaki.

Tidak hanya makan sehat, orang Jepang juga lebih banyak berdiri dan berjalan kaki. Banyak warga, terutama orang tua, berjalan kaki, bersepeda, dan naik kereta ke tempat kerja (bukan mobil). Mobil sebenarnya tidak begitu populer, dan mudah untuk naik kereta hampir di mana pun kamu mau (itulah sebabnya sistem kereta di Jepang sangat bagus).

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags