1. Home
  2. ยป
  3. Creator
28 Februari 2018 16:05

Panorama menakjubkan 9 oasis terindah di dunia

Biasanya oasis berada di gurun pasir. Rahmat Saputra

Oasis adalah daerah vegetasi terisolasi di gurun, biasanya sekitar mata air atau sumber air. Oasis juga menyediakan habitat untuk hewan dan bahkan manusia jika daerah tersebut cukup besar.Lokasi oasis sangat penting bagi jalur perdagangan dan transportasi di daerah gurun. Karavan harus melakukan perjalanan melalui oasis agar pasokan air dan makanan dapat diisi ulang.

Oasis terbentuk dari sungai bawah tanah atau akuifer seperti akuifer artesis, di mana air dapat mencapai permukaan secara alami oleh tekanan atau oleh sumur buatan manusia. Orang yang tinggal di oasis harus mengelola penggunaan lahan dan air dengan hati-hati; lahan harus diirigasi untuk menumbuhkan tanaman seperti kurma, buah ara, zaitun, dan aprikot. Tumbuhan paling penting di oasis adalah kurma yang membentuk lapisan atas. Berikut ini adalah deretan Oasis-oasis terindah didunia.


1. Oasis Timia (Nigeria)

Oasis menakjubkan ini terletak 6 jam dari kota Agaden. Oasis ini tak hanya dipenuhi pohon palem, namun juga pohon buah-buahan seperti jeruk dan delima.

2. Oasis Huachachina (Peru)

Huacachina adalah sebuah desa di wilayah Ica, di barat daya Peru. Huacachina dibangun di sekitar danau alam kecil di padang pasir. Disebut oasis Amerika, berfungsi sebagai sebuah resor untuk keluarga lokal dari kota kota dekat Ica, dan kunjungan wisatawan semakin meningkat setelah diadakannya olahraga pasir sand boarding dan wahana kereta di bukit pasir yang membentang dengan tinggi beberapa ratus meter.

3. Oasis Maranhao (Brasil)

Oasis berbentuk bulan sabit ini terletak di taman nasional Lencois Maranhenses di Brazil.

4. Oasis Chebika (Tunisia)

Oasis ini terkenal sebab pernah menjadi lokasi syuting Star Wars: A New Hope. Bahkan kata Chebika sendiri berasal dari nama salah satu tokohnya, yaitu Chewbacca.

5. Oasis Herubreiarlindir (Islandia)

Nggak nyangka ada juga oasis indah di Eropa. Ini salah satunya. Oasis ini terletak di puncak gunung Herubrei di dataran tinggi Iceland. Oasis ini berada di gurun dahraun dan tercipta akibat gempa dari letusan gunung berapi Trlladyngja.

5. Danau Ubari (Libya)

Danau ini terletak di oasis Erg Awbari di tengah teriknya gurun Sahara. Uniknya, sama seperti Laut Mati, konsentrasi garam di danau ini amatlah tinggi sehingga kita bisa mengapung di atasnya.

6. Oasis Turpan (China)

Oasis ini terletak di wilayah Xinjiang Uygur, Cina. Konon di sinilah berkembang pusat kebudayaan Islam di Cina. Buktinya adalah sebuah masjid agung berusia ratusan tahun yang masih berdiri di tengah gurun ini.

7. Oasis Ziz (Maroko)

Oasis ini terletak di Gurun sahara yang legendaris. Sulit dipercaya ya danau ini terletak di gurun terluas dan terpanas di dunia?

8. Crescent Lake (China)

Crescent Lake atau danau Bulan Sabit terletak di Gurun Gobi dan merupakan salah satu lokasi peristirahatan para musafir yang melalui Jalur Sutra dahulu kala.

9. Havasu Falls (Amerika Serikat)

Sulit dipercaya air terjun dan hutan di sekitarnya sebenarnya terletak di tengah gurun Grand Canyon, salah satu tempat paling tak bersahabat di muka bumi. Air terjun Havasu ini hanyalah salah satu dari empat air terjun yang berada di di taman nasional Havasupai yang juga merupakan salah satu pemukiman terakhir suku Indian.

(brl/fen)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags