1. Home
  2. ยป
  3. Creator
20 Oktober 2017 20:39

Nggak harus kaya dulu untuk bisa punya perusahaan, begini caranya

Cuma modal Rp 100.000 bisa, lho. Amelia Tri Wijayati

Sebagian besar orang masih berpikir jika saham identik dengan orang kaya. Padahal saham adalah salah satu produk investasi yang bisa dimiliki oleh semua orang, dari pelajar bahkan petani sekalipun bisa memiliki sebuah saham.

Sebelum melangkah lebih lanjut, kita perlu mengetahui sebenernya apa itu saham. Saham adalah bukti kepemilikan atau penyertaan modal atas suatu perusahaan. Jangan bayangkan mempunyai bentuk fisik seperti surat tanah.


Dengan adanya kemajuan teknologi saham telah diperjualbelikan secara elektronik, sehingga saham tidak mewajibkan diri berbentuk fisik karena bisa boros juga semua kegiatan jual-beli saham harus dalam bentuk fisik.

Dari pengertian saham diatas maka apabila kita punya saham suatu perusahaan, kita sudah bisa disebut dengan pemilik juga, meskipun prosentase kepemilikan kita 0,000 sekian persen. Terlepas sekecil apapun prosentase kepemilikan perusahaan kita, mempunyai saham dapat memberikan dampak yang positif, salah satunya adalah menumbuhkan jiwa investasi sejak dini. Bagi yang berminat memiliki perusahaan, yuk intip cara-caranya.

1. Persiapkan Uang Minimal Rp100.000

Untuk bisa membeli saham, kita harus pergi ke sekuritas dan meminta untuk membukakan rekening saham kita. Dahulu sebelum saham disosialisasikan, untuk membuka rekening saham minimal harus bawa uang 10 Juta. Tapi sekarang dengan adanya gerakan YukNabungSaham dari pemerintah, banyak kok sekuritas-sekuritas yang menawarkan pembukaan rekening dengan modal hanya Rp 100.000. Biasanya sekuritas-sekuritas ini membidik para mahasiswa yang cara mengedukasi nya gampang tapi modalnya dikit. Enaknya lagi dengan uang Rp 100.000 itu bukan berarti setelah kita buka rekening uangnya ilang gitu aja. Tuh uang sudah milik kita guys dan bisa digunakan buat beli saham. Jadi sebenernya biaya pembukaan rekening itu gratis, kecuali untuk biaya-biaya beli materai yaa.

2. Cari Perusahaan dengan Saham Murah

Yups, Punya perusahaan ternyata gak semahal yang kita kira guys. Beberapa perusahaan menawarkan sahamnya dengan harga yang sangat murah. Misalkan saja saham BUMI yang sekarang berada di angka 200. Iya guys bener itu 200 perak. Harga saham 200 itu maksudnya harga 1 lembar ya. Bursa Efek Indonesia sendiri membuat peraturan yang mengharuskan suatu saham diperjualbelikan minimal 1 Lot. 1 Lot itu 100 lembar saham. Jadi Kalo kita mau punya perusahaan Bumi Resources kita harus menyiapkan uang 100 x 200 = Rp 20.000. Yaps dengan uang Rp 20.000, daripada kita pakai buat beli kopi di kafe, mending pergi deh ke sekuritas buat beli saham.

3. Saham Murah dengan Prospek Cerah

Melanjutkan poin 2 diatas, apabila kalian sudah kenal pasar modal, kalian akan tahu bahwa banyak sekali saham-saham murah di Indonesia. Tapi jangan salah!! Beberapa diantaranya ada yang murah tapi gak murahan, dan ada pula yang murahan beneran. Satu kunci dalam membeli saham adalah mengetahui perusahaan saham tersebut. Jika kalian memutuskan untuk beli saham X, maka kalian juga harus tahu apa sih perusahaan saham X itu, dia untung atau rugi dalam menjalankan bisnisnya. Jika untung maka perusahaan itu ada indikasi prospek kedepannya bagus.

4. Jangan Kalap

Satu hal yangamat sangat penting apabila kalian telah terjun dalam dunia jual beli saham adalah kalian tidak boleh greedy. Mungkin sekarang saat anda membacara ini terlihat sepele dan klasik, tapi jika kalian sudah merasakannya sendiri, lihatlah pasti kalian akan susah untuk menahan hasrat kalian dalam 'berdagang' saham. Hal ini bisa dipahami karena setiap kalian mendapat untung, kalian akan berusaha mendapat untung lagi dan lagi. Padahal harga saham di pasar modal pasti mengalami naik turun, jadi tidak mungkin anda akan mengalami keuntungan terus menerus. Apabila anda mengalami kerugian, kuncinya hanya 1, bersabarlah.

Itu tadi beberapa tips dalam membeli saham dengan cara murah. Ingat bahwa investasi sejak dini adalah penting, tetapi kenalilah lebih jauh apa tujuan investasi anda sehingga anda memiliki pegangan sebelum terjun ke dunia pasar modal.

(brl/tin)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags