1. Home
  2. ยป
  3. Creator
13 Januari 2020 14:30

Lakukan 6 cara ini supaya kamu tidak kecanduan bermain gadget

Hal ini sangat penting supaya hidupmu tidak terus-terusan bergantung pada gadget. Arya Raihan
Foto: Gerd Altmann dari Pixabay

Di zaman modern ini tentu tidak asing lagi yang namanya gadget,salah satunyaponsel. Sebuah benda pintar yang memberikan manfaat pada banyak kalangan seperti mencari informasi terbaru, membuka peluang usaha secara online, dan lain-lain. Di sisi lain juga ada yang menggunakan gadget tersebut hanya untuk sekadar hiburan seperti bermain game online.

Hampir seluruh kalangan menggunakan dan memiliki gadget, bahkan anak kecil juga ada yang sudah punya gadget. Semakin maraknya penggunaan gadget perlu diterapkan batasan waktunya untuk menggunakan gadgetagarhidupmu tidak selalu bergantung pada gadget.


Ada banyak cara supaya kamu tidak kecanduan gadget, berikut ini enam di antaranya.

1. Matikan gadget saat ada waktu penting.

Banyak orang di saat waktu penting seperti ada rapat, berbincang-bincang sama keluarga teman, justru bermain gadget. Selalu penasaran saat notifikasi di gadget-nya muncul dan memalingkan mukanya ke gadget. Tentu hal ini harus dihindari agar kamu tidak kecanduan pada gadget.Bila perlu, pada saat-saat tertentumatikan gadgetagar tidak muncul notifikasi.

2. Memperbanyak kumpul bersama teman tanpa bermain gadget.

Hal ini sangat sulit dilakukan pada kalangan orang terutama anak muda yang selalu mengintipgadget-nya di sela kebersamaan dengan teman-temannya. Jika ini diteruskan maka pada perkumpulan itu akan disibukkan dengan gadget-nya masing-masing. Mulailah berkumpul dengan teman tanpa memegang gadget dan carilah topik yang menarik dan menghibur.

3. Hilangkan aplikasi yang membuat kamu kecanduan.

Hapuslah aplikasi yang membuat kamu lupa waktu seperti game online dan media sosial yang menurutmu tidak penting. Hal ini memang sulit dilakukan tapi ini membuat lambat laun waktumu berisi kegiatan yang bermanfaat.

4. Matikan gadget kamu 1 jam sebelum tidur.

Hal ini penting sekali sebab tidur membutuhkan jiwa yang tenang agar bisa terlelap. Jika kamu terus-terusan bermain gadget sampai lewatnya waktu tidur, tentu hal ini memperburuk kesehatanmu, bahkan kamu bisa saja sulit tidur. Maka dari itu matikan gadgetkamu minimal 30 menit sebelum tidur supaya waktu tidur tidak terganggu.

5. Non-aktifkan data seluler jika tidak diperlukan.

Cara ini membuat kamu berlahan-lahan lepas dari kecanduan gadget. Jika kamu sedang belajar, dalam perjalanan, dan berkumpul sama teman, matikan data seluler gadgetmu agar tidak tidak muncul notifikasi.

6. Mulailah membaca buku.

Cara terakhir sangat penting dalam kehidupanmu untuk tidak bergantung pada gadget. Mulailah membaca buku terfavoritmu sebab banyak ilmu yang didapatkan daripada bermain gadget.Kamu pun bisaselalu membawa bukumu saat dalam menunggu dan saat waktu kosong supaya waktumu bermanfaat.

Itulah yang bisa kamu terapkan agar hidupmu tidak bergantung pada gadget.

(brl/red)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags