1. Home
  2. ยป
  3. Creator
6 Januari 2020 14:35

Lakukan 10 hal ini agar ulang tahunmu berkesan meski sendirian

Tak perlu galau dan sedih, ini tips agar ulang tahunmu tetap berkesan meski sedang sendirian. Ririn Rosaria

Kebanyakan orang merasa ingin mendapatkan perlakuan istimewa dari kekasih, sahabat, dan keluarga saat hari ulang tahunnya tiba. Tapi bagaimana dengan yang hanya sendirian pada saat ulang tahun? Pastinya mereka yang sendirian akan merasa kesepian, galau, dan tidak berarti.

Padahal di mana pun dan dengan siapa pun pada saat itu, kebahagiaan bisa kamu ciptakan sediri. Rasanya tidak perlu harus mengadakan pesta yang meriah, sedangkan hati dan perasaan tetap merasa sendirian. Itu hanya buang-buang waktu dan tenaga dalam mempersiapkan semuanya.


Pada dasarnya menjadikan dirimu istimewa bukan saat hari ulang tahunmu saja, melainkan setiap hari. Karena yakinlah bahwa kamu sangat berharga. Biar tidak galau, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar ulang tahunmu lebih berkesan meskipun sendirian.

1. Atur suasana hatimu saat bangun pagi.

Suasana hatimu dapat ditentukan di awal hari. Jika harimu diawali dengan bad mood maka bisa jadi sepanjang harimu akan buruk. Tak masalah jika merayakan ulang tahun sendirian yang jauh dari keluarga dan sahabat tercinta. Karena dengan begitu kamu bisa menyediakan waktu yang berkualitas untuk dirimu sendiri. Terkadang meski sedang bersama banyak teman justru terlalu banyak drama yang kamu mainkan.

2. Minumlah sesuatu yang bisa membuatmu bersemangat.

Setelah bangun tidur, buatlah minuman yang bisa membuatmu semangat menjalankan harimu. Misalnya coffe, matcha latte, lemon tea, air jeruk hangat, dsb. Kemudian nikmati setiap sensasinya dari mulai bau dan rasanya.

3. Jika masih memiliki tugas, selesaikan itu lebih cepat.

Selesaikan tugasmu lebih cepat agar bisa segera bersantai dan menikmati hidup yang berkualitas dengan lebih lama tanpa memikirkan pekerjaan. Namun jika pekerjaanmu sangat banyak dan tidak mungkin untuk segera selesai, maka kamu bisa mengambil 2-4 jam waktu untuk dirimu sendiri, meskipun sedikit tapi sangat berharga.

4. Bersantailah dan nikmati hidupmu.

Istilah lainnya adalah rebahan dan tidak melakukan apa-apa. Luruskan punggungmu yang selama ini terlalu sering membungkuk karena bekerja. Hal ini bisa dilakukan sambil mendengarkan musik dan berangan tentang masa depanmu.

5. Lakukan hal yang kamu sukai.

Melakukan hal yang disukai sendirian itu baik juga loh seperti menonton drama Korea, pijat relaksasi, spa, shopping, solo traveling, berendam air hangat ditemani lilin aromaterapi. Tuh kan, seru kalau melakukan semua itu sendirian lebih menghayati, mendalami, dan menikmati. Kalau bersama dengan sahabat pastinya akan lebih banyak ngobrol atau bergosip, ya kan? Tapi kalau sendirian pastinya lebih berkualitas.

6. Buatlah daftar hal yang ingin kamu lakukan di hari ultahmu.

Buatlah semacam daily activity atau to do listmengenai kegiatan yang kamu sukai dan ingin dilakukan saat hari ulang tahun. Kemudian bersikaplah disiplin dalam mengerjakannya agar tidak ada yang hal yang terlewat karena itu akan membuat harimu lebih terstruktur. Tapi jangan lupa menikmati setiap bagiannya karena itu yang paling penting.

7. Dengarkan musik yang kamu sukai.

Dengarkan musik yang membuatmu bahagia, menarilah, dan ikuti alunan lagu sambil rebahan di tempat tidur juga boleh. Intinya menikmatilah hidupmu dan buat hidupmu lebih bahagia dari orang lain di hari itu.

8. Jauhkan diri dari sosial media.

Meski sendirian tapi paling tidak ada notifikasi chat dari teman atau keluargamu yang mengucapkan selamat ulang tahun. Bukannya tidak menghargai ucapan mereka, tapi jika sudah bermain sosmed pasti keterusan sampai lupa melakukan hal penting yang lebih berkualitas. Bolehlah membalas chat meraka tapi jangan sampai hari ulang tahunmu hanya dihabiskan bermain dengan handphone.

9. Bacalah buku-buku tentang self improvement.

Membaca buku tentang self improvement saat ulang tahunmu juga bukan ide buruk. Itu bisa membuat hidupmu berubah menjadi lebih baik dari hari ke hari karena di dalamnya berisi motivasi yang membangun di setiap halamannya. Dan paling tidak setelah membaca buku itu kamu bisa lebih menghargai hidupmu sendiri.

10. Jangan lupa selalu bersyukur.

Bersyukurlah kepada Tuhan yang menciptakan alam semesta ini karena kamu masih diberi hidup sampai sekarang meski dosa sudah setinggi gunung. Mengingat di belahan bumi yang lain masih banyak orang yang ingin tetap hidup. Memperjuangkan hidup di pagi hari agar bisa hidup sampai esoknya.

Jika kamu galau karena ulang tahun hanya sendirian di tanah rantau, bagaimana perasaan balita Palestina atau Suriah saat ditinggal orang tua untuk selamanya karena bom yang menghantam rumah mereka? Jadi, selalu bersyukur untuk hal kecil dalam kehidupanmu. Jika kamu bersyukur maka hal kecil pun akan membuatmu bahagia. Dan sebaliknya, kamu akan selalu merasa kurang saat kamu tidak pernah bersyukur.

(brl/red)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags