1. Home
  2. ยป
  3. Creator
5 Oktober 2021 10:35

Keindahan Nepal van Java di Desa Butuh, Kaliangkrik, Magelang

Rumah-rumah penduduk yang tampak bertumpuk di desa ini seolah-olah mirip dengan kondisi di Nepal. Alfin Muakip

"Nepal Van Java", begitulah sebutan salah satu tempat wisata yang berada di lereng Gunung Sumbing. Nepal van Java atau yang berarti Nepal dari Jawa kini menjadi salah satu tujuan wisata favorit khususnya bagi masyarakat pencinta alam. Wisata ini sangat cocok bagi orang-orang yang suka naik gunung atau menikmati panorama alam. Wisata ini juga menjadi salah satu jalur pendakian Gunung Sumbing.


Nepal van Java merupakan julukan yang diberikan pada Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Julukan itu disematkan kepada Dusun Butuh karena letaknya ada di lereng Gunung Sumbing. Perumahan penduduk yang tampak bertumpuk seolah-olah mirip dengan negara Nepal.

Wisata ini menjadi salah satu tempat yang populer pada pertengahan 2020. Awalnya dari unggahan yang tersebar di berbagai media sosial dan akhirnya menarik banyak masyarakat untuk mengunjunginya. Tidak hanya wisatawan domestik, namun juga wisatawan asing berkunjung ke tempat wisata ini.

Selain panorama alam yang indah, para pengunjung dapat berjalan-jalan untuk mengeksplorasi Dusun Butuh. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi antara lain adalah Taman Depok dan Masjid Baituttaqwa. Para pengunjung dapat mengambil foto dengan latar belakang yang diminati. Hiasan dinding rumah warga yang dicat warna-warni pun makin menambah daya tarik tersendiri bagi para pencinta swafoto.

Untuk menuju ke sana, para wisatawan dapat menggunakan kendaraan berupa sepeda motor atau mobil. Jika ingin berkunjung ke Nepal van Java di Dusun Butuh, pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir. Untuk sepeda motor adalah Rp 2 ribu dan mobil Rp 5 ribu. Tempat wisata satu ini memang terbilang murah, namun panorama yang disajikan tentunya tidak murahan. Apalagi masyarakat di sekitar tempat ini juga selalu mengembangkan daya tarik wisatanya melalui berbagai kreasi baru yang dapat menarik pengunjung.

(brl/red)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags