1. Home
  2. ยป
  3. Creator
17 Oktober 2019 16:02

Jangan anggap remeh, ini 3 manfaat batu amethyst untuk kesehatan

Di Indonesia, amethyst lebih dikenal dengan nama batu kecubung. Muwaffiq Rosyadi

Amethyst merupakan salah satu jenis batu mulia yang berasal dari alam. Jenis batu mulia ini memiliki pesona dan daya tarik tersendiri karena warnanya yang ungu kemerahmudaan hingga ungu pekat, serta bentuk alaminya yang indah sekalipun belum diolah dengan cara diamplas maupun dipoles.

Di Indonesia, amethyst lebih dikenal dengan nama batu kecubung. Dalam konsep birthstone (12 batu berdasarkan bulan kelahiran), amethyst mewakili bulan Februari. Dahulu kala, amethyst dipakai oleh orang-orang Mesir kuno sebagai perhiasan. Sedangkan oleh bangsa Yunani kuno, batu amethyst dipahat menjadi gelas anggur. Gelas dari amethyst dipercaya dapat mencegah efek mabuk dari anggur tersebut. Batu kecubung ini dapat ditemukan di beberapa belahan dunia, di antaranya Brazil, Amerika Serikat, Uruguay, Siberia, Sri Lanka, Austria, Rusia, Korea Selatan, serta Zambia.


Di pasaran, amethyst memiliki rentang harga mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari kualitas, keaslian, serta ukurannya. Jika dibandingkan dengan jenis batu mulia lainnya seperti sapphire, zamrud, dan ruby, harga amethyst cenderung lebih rendah. Meski begitu, khasiat batu yang satu ini tidak boleh diremehkan. Sejak berabad-abad yang lalu, amethyst telah dipercaya mampu menyembuhkan dan mengobati berbagai macam penyakit, baik fisik maupun mental. Apa saja khasiat-kashiat tersebut? Berikut daftarnya.

1. Mengatasi insomnia.

Kamu sering mengalami susah tidur (insomnia) yang sampai mengganggu rutinitas dan produktivitasmu? Jangan biasakan minum obat tidur yang umumnya memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Coba atasi masalah insomniamu dengan batu kecubung ini.

Amethyst telah dipercaya banyak orang sebagai salah satuhealerinsomnia. Kamu bisa membeli gelang, kalung, atau tasbih yang terbuat dari batu amethyst. Jika kesulitan menemukan penjual aksesori berbahan amethyst di sekitarmu, kamu cukup mencarinya di sosial media atau aplikasi e-commerce. Namun, kamu harus memastikan keaslian batu amethyst tersebut sebelum membelinya. Untuk menyembuhkan insomnia, gunakan gelang, kalung, atau tasbih amethystsepanjang hari (bukan hanya saat akan tidur), maka badanmu akan terasa relaxeddan ringan sehingga kamu akan mudah terlelap di malam hari.

2. Mengurangi stres dan capek.

Rutinitas dan kesibukan sehari-hari sering kali membuat kita kelelahan secara fisik dan mental yang akhirnya membuat kita stres. Biasanya, untuk mengatasi stres kita pergi ke pusat terapi dan spa demi mendapatkan treatmentterbaik untuk mengatasi stres tersebut. Namun, terapi dan spa mengharuskan kita merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk 1 kali kunjungan.Tapi sekarang, kamu tidak perlu membuang-buang uangmu lagi.

Kamu bisa mengatasi stresmu dengan terapi sendiri di rumah menggunakan kristal amethyst. Caranya pun sangat simpel. Hangatkan batu amethyst di microwaveselama beberapa menit atau rendam dalam air panas dan diamkan hingga suhunya aman untuk kulitmu. Setelah itu, pijatkan batu/kristal amethyst perlahan-lahan ke bagian-bagian tubuhmu seperti kepala/wajah, pundak, pergelangan tangan, hingga telapak kaki secara merata. Kamu akan merasa lebih tenang dan relaxedsetelah melakukan terapi ini.

3. Mengencangkan kulit.

Cepat atau lambat, kulit kita pasti mengalami proses penuaan yang salah satunya ditandai dengan berkurangnya kekencangan kulit, terutama di area wajah. Hal ini membuat sebagian dari kita kurang PD dengan wajah kita. Nah, salah satu cara untuk mengembalikan kekencangan kulit kita adalah dengan menggunakan batu amethyst yang telah diproses menjadi alat kecantikan bernama beauty roller. Beauty roller ini memiliki beberapa varian batu lainnya seperti rose quartzdan jade.Gosokkan alat ini perlahan lahan ke area pipi, dahi, dan dagu secara merata selama 15 menit pada pagi dan malam hari. Selain dapat mengencangkan kulit,beauty rollerini juga mampu memaksimalkan penyerapanskincarekita ke dalam kulit sehingga kita akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari skincare itu.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags