1. Home
  2. ยป
  3. Creator
10 Juli 2019 13:15

Jakarta disebut The Next Atlantis, ini 3 langkah konkret pemerintah

Jakarta disebut-sebut akan menjadi The Next Atlantis dalam beberapa dekade lagi. Dian Nita Pangesty

Kabar akan terjadinya bencana Jakarta tenggelam sebenarnya sudah ada sejak dahulu. Menariknya, setiap tahun isu tersebut diangkat dan timbul tenggelam seiring berjalannya waktu.

Salah satu media yang secara konsisten mengangkat permasalahan ini adalah bbc.com. Isu Jakarta tenggelam kembali mencuat setelah BBC dari kanal youtubenya membagikan dokumentasi dengan judul Jakarta Is Sinking! Dalam video berdurasi 6 menit 37 detik tersebut seorang wartawan bernama Gordon Buchanan sedang mengamati daerah-daerah Jakarta yang berada di pinggir pantai.


Secara mengejutkan, ia melihat secara sadar bahwa ancaman Jakarta tenggelam tersebut nyata adanya. Bangunan-bangunan yang dahulunya masih berdiri kokoh di daratan, kini sudah tergenang air hampir ke bagian atap. Apa yang sebenarnya terjadi?

Kota Jakarta merupakan kawasan industri sekaligus kota padat penduduk. Sumur-sumur warga dan pengambilan air tanah oleh gedung-gedung menjadi faktor utama penurunan tanah yang akan berakibat pada air laut naik ke daratan. Lalu, apa upaya pemerintah saat ini untuk mencegah tenggelamnya Kota Jakarta pada tahun mendatang?

1. Pemerintah DKI Jakarta melarang perusahaan/perseorangan yang mengambil air tanah secara ilegal.

Pada tahun 2018 lalu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah merespon isu Jakarta tenggelam dengan melakukan inspeksi ke gedung dan perumahan warga. Dalam inspeksi tersebut, Gubernur DKI Jakarta menemukan sejumlah gedung yang mengambil air tanah secara ilegal. Menanggapi hal itu, Anies Baswedan memberikan waktu satu bulan untuk melakukan koreksi dan kalau tidak dilakukan, maka LSF serta semua izin operasional gedung yang mengambil air tanah secara ilegal akan dicabut.

2. Mencari sumber air lain untuk Jakarta.

Walaupun Gubernur DKI Jakarta sudah menindak pengambilan air tanah secara ilegal, namun air tanah tetap diambil oleh mereka yang memiliki izin. Padahal satu-satunya cara agar Jakarta berhenti tenggelam adalah dengan berhenti mengambil air yang ada dalam tanah. Oleh karenanya pemerintah RI berinisiatif untuk mengambil air sungai sebagai pengganti air tanah untuk kebutuhan warga Jakarta. Namun, perlu waktu 7 tahun untuk pemerintah bisa membersihkan sungai Jakarta, sementara kota tersebut akan terus tenggelam.

3. Membangun Giant Sea Wall.

Giant Sea Wall atau tanggul raksasa sebenarnya sudah digagas oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pada tahun 2013 silam. Saat ini rencana tersebut masih terus dikembangkan dengan melibatkan ahli dari Belanda, Jepang, Korea dan Indonesia.

Rencana dan langkah-langkah konkret memang sudah di lakukan pemerintah Indonesia untuk mencegah ancaman tenggelamnya Jakarta. Namun, apakah rencana tersebut sudah mendapatkan hasil konkret?

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags