1. Home
  2. ยป
  3. Creator
23 September 2019 16:47

Inilah 6 sumber energi alternatif teraneh di dunia

Pasti kamu gak pernah menyangka dengan sumber-sumber energi alternatif ini. Nuraina Fika Lubis

Sumber energi merupakan aspek kehidupan seluruh makhluk hidup di Bumi. Sampai saat ini, sumber energi yang tidak dapat diperbarui masih banyak digunakan, seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara. Secara tidak sadar, sumber energi tersebut perlahan-lahan akan habis jika digunakan terus-menerus. Oleh karena itu, kita perlu mencari energi alternatif yang dapat diperbarui secara cepat.

Energi alternatif sangat banyak macamnya di Bumi ini. Namun, tahukah kamu bahwa ada sumber energi alternatif sangat aneh yang pernah digunakan di Bumi ini? Yuk cari tahu pada listdi bawah ini!


1. Panas tubuh manusia.

Image source:gizmodo.com

Tahukah kamu bahwa panas tubuh manusia dapat menghasilkan energi? Ya, rata-rata manusia memproduksi energi sebesar 100 Watt/jam. Apabila terdapat banyak manusia di suatu tempat yang menerapkan sumber energi ini, maka bisa saja energi di tempat tersebut berlebih.

Hal inilah yang terjadi di Stasiun Kereta Api di Stockholm, Swedia. Stasiun ini mengumpulkan seluruh panas dari tubuh 250 ribu pengguna kereta api untuk menghangatkan area stasiun. Jika terdapat panas berlebih di area tersebut, maka panas disalurkan menuju bangunan sekitar. Cara kerjanya pun sangat unik, yaitu sistem ventilasi stasiun mengonversi panas tubuh menjadi air panas. Setelah itu, air panas tersebut dipompakan pada sistem pemanas di bangunan sekitar stasiun. Hasilnya, bangunan di sekitar stasiun menjadi hangat.

2. Limbahcokelat.

Image source:insider.com

Di balik rasanya yang manis dan lezat, ternyata cokelat bisa menjadi sumber energi alternatif juga loh! Ya, limbah cokelat dapat menjadi bahan bakar biodiesel. Biodiesel tersebut dinamai chocolate oil methyl ester yang berasal dari minyak limbah cokelat. Bahan bakar ini telah diaplikasikan pada mobil balap Formula 3, sebagaimana dikutip dari Science Daily. Hasilnya, mobil dapat melaju dengan kecepatan maksimal 217 km/jam.

3. Alga.

Image source: thoughtco.com

Alga merupakan suatu tumbuhan yang tidak memiliki bagian seperti tumbuhan lainnya. Tumbuhan ini dapat berkembang biak di air garam maupun tanah tandus. Alga mempunyai energi yang besar sehingga dapat dijadikan sumber energi energi alternatif. Cara pemrosesan alga yaitu asam lemak alga diekstraksi dan disaring. Kemudian, alga diesterifikasi untuk dijadikan sebagai bahan bakar pesawat, bensin, maupun biodiesel.

4. Lantai dansa.

Image source:http://creativelighting.net.au

Jika kamu pernah melihat bagian dalam sebuah klab malam atau diskotek, pasti kamu temukan lantai dansa yang berkelap-kelip dengan berbagai warna. Ternyata, ada lantai dansa di sebuah kelab malam di Jepang menghasilkan kelipan sendiri dengan hentakan kaki para pengunjungnya yang menari.

Energi listrik pada lantai dansa ini memakai konsep piezoelektrik. Cara kerja konsep piezoelektrik adalah ketika tekanan atau tegangan diaplikasikan pada objek, maka objek tersebut akan menghasilkan energi listrik. Aplikasi perangkat piezolektrik pada lantai dansa diletakkan pada bagian bawah lantai tersebut beserta dengan perangkat kelap kelip cahaya.

5. Urin.

Image source: https://pixabay.com

Urin merupakan cairan hasil sisa metabolisme tubuh yang memiliki bau tidak enak. Namun, tahukah kamu bahwa urin dapat digunakan sebagai energi alternatif? Sebagaimana dilansir laman phys.org, peneliti Universitas Heriot-Watt, Inggris, menjadikan urin sebagai bahan baku sel bahan bakar (fuel cell) pada tahun 2010.Fuel celltersebut terbukti sangat ramah lingkungan karena urin mengandung urea tak beracun dan kaya akan nitrogen. Untuk sementara,fuel celltersebut digunakan untuk kepentingan militer dan ruang angkasa.

6. Belut listrik.

Image source: https://blogionik.org

Belut listrik adalah hewan yang sangat unik karena dapat menghasilkan tegangan listrik yang mencapai 600 V. Belut tersebut menghasilkan listrik dari proses elektrosit di dalam tubuhnya. Banyak orang tak menyangka bahwa belut listrik dapat menjadi sumber energi alternatif. Dilansir Smithsonianmag, belut listrik di dalam akuarium di Utah, Amerika Serikat, berhasil menghidupkan hiasan lampu pohon natal di dekat akuarium tersebut.

Wah, keren dan unik banget kan sumber energi alternatif di atas. Selain ramah lingkungan, sumber energi tersebut pun dapat diperbarui dengan cepat. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengembangkan sumber energi tersebut lebih jauh?

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags