1. Home
  2. ยป
  3. Creator
17 Juli 2020 12:21

Ini yang perlu kamu ketahui tentang keberadaan laba-laba di rumah

Selama ini laba-laba lebih sering dipandang sebagai hama untuk rumah. Padahal sebenarnya tidak melulu seperti itu. Harry Rezqiano

Apa yang terpikir olehmu saat mendengar kata laba-laba? Spider-Man? Ah, itu sih fiksi ilmiah. Kalau seekor laba-laba mengandung radioaktif menggigitmu, kamu dipastikan akan tewas. Tidak akan mengalami mutasi genetik seperti Peter Parker, karakter komik ciptaan mendiang Stan Lee Marvel Comics.

Apakah laba-laba akan menggigit seseorang? Secara umum, makhluk hidup yang merasa terancam akan melakukan perlawanan pada pengancamnya. Jadi kecil kemungkinan kalau seekor laba-laba akan mengancam jiwamu jika kamu tidak lebih dulu mengancam nyawanya.


Spider-Man / Foto: Pinterest / Marvel Comics

Tapi buat banyak orang, laba-laba memang mengganggu. Padahal sebenarnya laba-laba bukanlah hama seperti tikus atau kecoa. Ada saran untuk tidak membunuh laba-laba yang ada di rumah karena laba-laba memiliki fungsi cukup penting dalam ekosistem sebuah rumah, yaitu penyeimbang aura alami serta predator untuk hewan berbahaya berukuran kecil seperti nyamuk dan lalat rumah.

Laba-laba rumah / Foto: Prevention

Lupakan dulu sisi estetika yang rusak karena kehadiran laba-laba dan sarang lengket buatan mereka di berbagai sudut. Walau sarang jebakan itu mudah terlihat namun laba-laba sendiri termasuk makhluk stealth alias mampu menyamarkan kehadiran fisik sehingga tidak terlihat terlalu sering atau mudah ditemukan. Dan jika pun terlihat olehmu, biasanya laba-laba itu tidak berbahaya atau agresif menyerang. Tentu selama kamu juga tidak hostile karena ketakutan.

Kehadiran laba-laba lebih berfungsi sebagai predator hama sehingga eksistensi mereka di rumah terhitung signifikan. Jaring-jaring jebakan laba-laba berfungsi menangkap hewan-hewan hama seperti lalat, nyamuk, dan serangga-serangga lain sehingga secara langsung membantu manusia menjaga rumahnya dari invasi hewan kecil berbahaya untuk kesehatan.

Tidak ada rumah bebas dari penjagaan laba-laba. Setidaknya itu dibuktikan lewat survey rumah-rumah di North Carolina, Amerika Serikat di mana dari 50 rumah yang disurvey tidak satu pun bebas dari kehadiran laba-laba. Spesies yang umum ditemukan adalah laba-laba jenis Cobwebdan Cellar. Keduanya termasuk kategori santai pasif di mana mereka merajut sarang jebakan dan menunggu mangsa terjerat di sana. Mangsa ini sering kali berupa makhluk berbahaya seperti nyamuk. Sehingga keberadaan laba-laba dan sarang jebakannya, secara praktik, membantu manusia memerangi hama berbahaya untuk kesehatan.

Beberapa spesies laba-laba / Foto: Pinterest

Kamu takut dengan laba-laba?Itu bukan hal aneh dan sangat wajar. Laba-laba memiliki penampilan yang relatif seram dibandingkan hewan-hewan lain. Lihat saja kakinya yang begitu banyak, tentu menakutkan. Dan hampir semua laba-laba memiliki racun di dalam tubuhnya. Tapi secara umum akan sulit untuk taring laba-laba rumahan menembus kulit manusia dan meracuninya. Lain cerita jika laba-laba yang dimaksud adalah laba-laba mematikan dan berbahaya seperti spesies Black Widowmisalnya. Gigitan dan racun Black Widow memang jauh lebih serius ketimbang laba-laba rumahan yang biasanya berukuran imut. Namun secara umum, manusia lebih berbahaya buat seekor laba-laba ketimbang laba-laba ke manusia. Faktor kekuatan dan ukuran manusia adalah penyebabnya.

Jadi, apa yang harus dilakukan jika ada laba-laba di rumahmu?

Jika kamu geli, takut, atau tidak tahan dengan keberadaan mereka, maka ketimbang membunuh cobalah untuk mengusirnya saja. Laba-laba biasanya akan mencari lapak baru jika mengalami kondisi seperti itu. Jadi tidak perlu ada pembunuhan di sini.

Tapi jika kamu bisa cuek dengan adanya laba-laba dan hanya terganggu dengan deretan sarang laba-laba, kamu mungkin bisa membiarkan mereka satu rumah denganmu dan sesekali membersihkan sarang di area yang sering dilewati atai ditinggali. Hal ini akan menjadikanmu memiliki pemangsa hama efektif tidak terlihat namun berguna dan tidak perlu dipelihara (diberi makan atau minum). Laba-laba memenuhi kebutuhan fisiologinya secara mandiri sehingga tidak akan merepotkan.

Foto: Starts at 60

Mudah-mudahan jika bertemu dengan seekor laba-laba di rumah, kamu tidak jadi panik dan membunuh laba-laba tadi. Kecuali laba-laba spesies non rumahan dan beracun atau berbahaya, laba-laba secara umum tidak berbahaya. Membiarkan mereka hidup tidak akan membahayakan nyawamu. Malah mungkin karena membiarkan mereka hidup, kehidupanmu lebih terjaga dari risiko hama nyata seperti nyamuk dan lalat.

Tapi jangan juga berharap digigit laba-laba dan memiliki kekuatan super, ya. Jika kamu digigit laba-laba segera periksa ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit terdekat.

(brl/red)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags