1. Home
  2. ยป
  3. Creator
9 Desember 2020 16:15

Ini kelebihan anak muda dan cara menemukan potensi dalam diri

Anak muda sering kali diremehkan, namun dengan mempersiapkan diri dengan baik mereka juga dapat menorehkan berbagai prestasi. Mikha Melodio Jawentinus
Foto: Clker-Free-Vector-Images dari Pixabay

Istilah kecil-kecil cabe rawit sudah tidak asing di telinga. Istilah ini memiliki arti sesuatu yang kecil namun memiliki pengaruh yang besar, layaknya cabai rawit. Begitu pula dengan anak muda zaman now yang sebenarnya bisa memiliki dampak besar, meskipun begitu banyak orang yang menganggap anak muda tidak mengerti dan tidak memahami apa itu kehidupan, serta tidak mungkin memiliki dampak yang besar bagi lingkungannya sebelum dianggap dewasa. Namun tidak sedikit anak muda yang memiliki sejumlah prestasi di berbagai bidang.

Anak muda memiliki banyak sekali kelebihan dibanding orang yang sudah berumur, di antaranya:


1. Anak muda dapat mempelajari sesuatu lebih cepat.

Dengan kemampuan itu anak muda dapat menyerap pengetahuan lebih banyak jika banyak belajar. Seiring berkembangnya zaman, teknologi semakin canggih dan sudah terlihat bahwa kaum muda lebih memahami cara menggunakan teknologi. Selain itu banyak pula prestasi yang diraih dengan memanfaatkan teknologi yang ada, contohnya dalam bidang eSport atau elektronic sport. Bidang olahraga yang satu ini sering kali dianggap remeh karena banyak orang beranggapan bahwa eSport hanya bermain game. Namun yang tidak banyak orang tahu bahwa cabang olahraga ini juga membutuhkan latihan dan kemampuan yang tinggi. Anak muda Indonesia sering kali memenangkan turnamen eSport ini sampai ke tingkat Internasional.

2. Anak muda memiliki lebih banyak tenaga.

Tentu anak muda memiliki kemampuan fisik yang lebih dibandingkan orang yang sudah dewasa. Kamu harus memanfaatkan kelebihan ini untuk meraih prestasi. Namun kamu juga harus menggunakan kelebihan kita ini dengan bijak, contohnya jika kamu seorang olahragawan maka harus menggunakan tenagamu untuk latihan dan memperbaiki diri sehingga kelebihanmu ini dapat menguntungkan.

3. Anak muda identik dengan inovasi dan kreatif.

Sudah pasti sebagai anak muda kita memiliki ide yang lebih segar karena selalu belajar sesuatu yang lebih baru. Kelebihan ini sangat menguntungkan anak muda dalam memulai sesuatu. Tidak sedikit perusahaan yang didirikan oleh anak muda, contohnya adalah Tokopedia. Perusahaan ini didirikan oleh orang-orang muda yang memiliki ide yang kreatif yang dipadukan dengan kerja keras. Dari contoh ini kamu dapat melihat bahwa meskipun masih muda juga dapat memberikan dampak yang besar bagi lingkungan.

Sebelum meraih berbagai prestasi di usia muda, pertama-tama kamu harus menemukan potensi dalam dirimu terlebih dahulu. Mengetahui potensi diri sangatlah penting bagi anak muda. Potensi yang kamu miliki dapat mejadi landasanmu menuju masa depan.

Pada usia muda memang memerlukan usaha untuk menemukan jati diri. Tidak sedikit tantangan dan halangan yang akan kamu temukan. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menemukan potensi dalam dirimu.

1. Jangan takut untuk mencoba hal baru.

Sebagai anak muda kamu tidak boleh takut untuk mencoba hal yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan potensi yang ada di dalam diri mereka. Albert Einstein pernah berkata bahwa seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tidak pernah mencoba sesuatu yang baru. Banyak orang takut mencoba sesuatu yang baru karena takut gagal. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang menadi passion-mu jika tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.

Jadi, coba hal yang baru sebanyak mungkin dan membuat kesalahan sebanyak mungkin karena gagal bukan hal yang memalukan, yang memalukan adalah saat kamu gagal dan tidak mau bangkit untuk mencobanya lagi. Saat sudah mencoba berbagai hal, langkah selanjutnya adalah menemukan apa yang kamu sukai. Ada beberapa hal yang menandakan kamu sudah menemukan apa yang kamu sukai, yaitu saat melakukannya kamu merasa senang, tertantang, dan muncul rasa ingin melakukannya lagi. Saat sudah mengetahui apa yang kamu sukai, akan lebih besar kemungkinanmu menemukan potensi yang ada di dalam diri.

2. Kembangkan potensi yang ada.

Saat sudah mengetahui potensi yang kamu miliki, kamu harus mengembangkannya. Cara untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam diri adalah dengan latihan. Kerja keras memang tidak pernah mengkhianati hasil. Dengan melatih potensi yang kamu miliki akan membuatmu lebih berkembang. Selain itu lakukan latihan tersebut secara rutin agar pikiran dan tubuhmu lebih terbiasa.

3. Tunjukkan kepada orang lain.

Potensi besar yang ada di dalam dirimu akan sia-sia jika kamu hanya memendamnya saja. Menunjukkan kepada orang lain merupakan salah satu cara untuk mengembangkan potensimu. Dengan menunjukkannya kepada orang lain, kamu dapat meminta saran atau kritik dari orang tersebut sehingga kamu bisa memperbaiki kesalahanmu.

Selain untuk memperbaiki kesalahan, menunjukkan potensimu kepada orang lain juga dapat melatih rasa percaya diri, di mana rasa percaya diri juga sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, apalagi di saat masih muda.

(brl/red)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags