1. Home
  2. ยป
  3. Creator
17 September 2018 15:11

Ini 5 kuliner oriental unik khas Sumatera Utara

Ada kue berwarna pink yang dibuat dengan cetakan khusus berpola unik, lho. Calvin Leonardo, Holder Of "Beasiswa Unggulan" Trisakti School Of Tourism

Kalau ngomongin soal kuliner oriental, apa yang ada di benakmu? Kesampingkan dulu makanan berbahan mie dan kawan-kawannya. Karena di Sumatera Utara terdapat berbagai olahan makanan oriental yang mungkin belum biasa kamu jumpai. Bentuknya pun sangat menarik hati. Nah, seperti apa sih kuliner oriental unik khas Sumatera Utara? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tau Kua Heci.


makanmana.net

'Tau Kua' dalam Bahasa Hokkien berarti 'tahu' dah 'Heci' berarti bearti 'rempeyek udang'. Makanan ini terdiri atas potongan tahu, udang goreng, kepiting goreng, tauge, kangkung, dan rempeyek udang yang disiram dengan saus manis berwarna orange kemerahan di atasnya.

2. Ciau Kha Hu.

pictacat.com

Ciau Kha Hu merupakan hidangan ikan yang dibuat dari ikan ekor tegang. Hidangan ini biasanya dapat ditemui di daerah Pulo Brayan, Medan. Uniknya, sebelum digoreng, ikan diberikan sambal terasi di tengahnya dan dibungkus dengan daun pisang.

Daun pisang memberikan aroma yang khas saat digoreng. Tak hanya itu, daun pisang dapat menjaga sambal terasi agar tidak berceceran saat digoreng. Satu hal lagi, kulit ikan ini tidak bisa dimakan karena teksturnya yang keras dan tajam.

3. Lau Shu Fan.

youtube.com/watch?v=zIUxJ_ATuSo

Lau Shu Fan merupakan mie yang terbuat dari tepung beras yang dibentuk menyerupai butiran beras panjang. Mie ini memiliki ukuran yang besar dan bertekstur kenyal, serta memiliki rasa yang hampir sama dengan kwetiau.

Pada umumnya, mie ini disajikan dengan suwiran ayam kecap dan potongan daun bawang di atasnya. Ada juga yang menumisnya dengan menambahkan aneka sayuran dan daging lainnya.

4. Tahu Balik.

makanmama.net

Sesuai dengan namanya, tahu balik dibalik sebelum diolah lebih lanjut. Tahu yang sudah digoreng, dibelah dan dibalik sisi luar dan dalamnya. Bagian putih tahu menjadi menghadap ke luar dan bagian kulit coklat tahu berada di dalam.

Setelah dibalik, bagian tengah tahu diisi dengan adonan baso ayam atau ikan dan kemudian digoreng hingga garing. Tahu balik biasanya dinikmati dengan sambal kecap manis yang dicampur dengan cabai rawit giling. Gorengan ini biasanya dijual di daerah Binjai, Sumatera Utara.

5. Teow Ciu Kue.

pintaram.com/t/angkaktho

Kue yang berwarna merah muda ini terbuat dari tepung beras. Bagian dalamnya diisi dengan isian asin seperti ketan, ebi, dan kacang tanah atau isian manis seperti kacang hijau. Kue ini dicetak dengan cetakan khusus berpola unik dan kemudian dikukus hingga matang. Tekstur kue ini kenyal dan mirip dengan Kue Ku, khas Indonesia.

(brl/red)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags