1. Home
  2. ยป
  3. Creator
14 Maret 2019 11:33

Daftar 10 pulau terbesar di dunia, empat di antaranya ada di Indonesia

Pulau-pulau terbesar ini adalah pulau yang bukan diklasifikasikan sebagai sebuah benua. Fikri Alfathan

Tahukah kalian apa pulau terbesar di dunia? Jika kalian mengira bahwa Australia adalah pulau terbesar di dunia, maka kalian salah. Ini karena Australia tergolong sebagai sebuah benua. Sebuah benua tidak bisa diklasifikasikan sebagai sebuah pulau dan Australia disebut-sebut sebagai benua terkecil dari 4 benua yang ada di dunia. Walaupun benua Australia merupakan benua terkecil, Australia tetaplah tiga kali lebih besar dari pulau terbesar di daftar ini.

Berikut ini adalah 10 pulau terbesar di dunia.


10. Hispaniola.

Hispaniola merupakan lokasi koloni Eropa pertama yang dibentuk oleh Christopher Colombus pada perjalanannya di tahun 1492 dan 1493. Pulau Hispaniola merupakan pulau dengan populasi terbanyak peringkat kesembilan di dunia dan merupakan pulau paling padat populasi di benua Amerika. Hispaniola merupakan pulau terbesar nomor dua di lautan Karibia, tepat di bawah Kuba.

9. Kuba.

Negara Kepulauan Karibia merupakan sebuah negara kepulauan dengan populasi lebih dari 11 juta jiwa dan merupakan pulau terbesar ke-17 yang bukan diklasifikasikan sebagai sebuah benua. Kuba dulu merupakan negara yang makmur. Pada tahun 1959, Fidel Castro mengubah Kuba menjadi negara komunis.

8. Jawa.

Pulau Jawa merupakan pulau dengan populasi terbesar di dunia dengan 137 juta jiwa penduduk. Di pulau ini juga Ibu kota Republik Indonesia berada. Pulau Jawa memiliki lebih dari 400 spesies burung berbeda dan terkenal dengan kopinya yang mulai termahsyurpada awal abad ke-20.

7. South Island.

South Island merupakan salah satu dari dua pulau terbesar di Selandia Baru, pulau yang satunya adalah North Island. Te South Island terkadang disebut sebagai "Pulau Utama". The Abel Tasman National Park merupakan salah satu dari tempat rekreasi terpopuler di pulau ini. South Island menawarkan pemandangan yang indah dan juga menawarkan kegiatan rekreasi seperti berlayar dan mendaki gunung.

6. Sulawesi.

Pulau Sulawesi merupakan pulau terbesar di antara kepulauan Sunda lainnya di Republik Indonesia. Pulau Sulawesi terletak di antara pulau Kalimantan dan Maluku. Penghuni Pulau Sulawesi kebanyakan merupakan orang-orang dari suku Bugis dan Makassar.

5. Britania.

Pulau Britania merupakan pulau dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga di dunia tepat di bawah Pulau Jawa dan Pulau Honshu. Pulau Britania juga merupakan pulau terbesar di Benua Eropa. Ada tiga negara yang terletak di Pulau Britania, yaitu Inggris, Skotlandia, dan Wales.

4. Pulau Victoria.

Pulau Victoria sedikit lebih besar dari Pulau Britania. Pulau ini terletak di bagian utara Kanada dan dihuni oleh lebih dari 1000 jiwa. Pulau Victoria dan Vancouver merupakan tempat di mana The British Columbia Parliament Buildings dan The Butchart Gardens terletak yang berkontribusi membawa lebih dari ribuan pengunjung dari berbagai tempat di dunia.

3. Pulau Sumatera.

Pulau Sumatera merupakan pulau terbesar yang terletak di Indonesia. Ada lebih dari 50 juta jiwa yang menduduki Pulau Sumatera saat ini. Pada tahun 2004, Pulau Sumatera diterjang oleh bencana alam ketika sebuah tsunami menghantam pulau ini.

2. Kalimantan.

Ada 3 negara yang menduduki Pulau Kalimantan saat ini, yaitu Brunei, Indonesia, dan Malaysia. Ada banyak suku asli Pulau Kalimantan yangsekarang masih menduduki pulau ini. Walaupun suku-suku ini memiliki bahasa mereka masing-masing, suku-suku ini masih memiliki kesamaan antar satu sama lain melalui makanan, kultur, dan tempat tinggal mereka.

1. Greenland.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa di balik permukaan es Pulau Greenland ada tiga pulau berbeda di bawahnya. Namun orang-orang lebih memilih percaya bahwa Pulau Greenland merupakan pulau terbesar di dunia yang bukan termaksuk sebuah benua.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags