1. Home
  2. ยป
  3. Creator
4 Februari 2019 10:29

Bullying dapat berdampak fatal bagi kesehatan mental si korban

Dalam jangka panjang, dampak bullying dapat terbawa meskipun korban sudah tidak lagi di-bully. Jihan Fatimah

Percaya atau tidak, masalah sesederhana apapun kalau ditanggapi dengan tidak serius pasti akan meninggalkan dampak buruk bagi seseorang. Dan bullying merupakan salah satunya.


Apa itu bullying?

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah bullying. Ya, sebuah isu di masyarakat yang tak kunjung usai. Pada dasarnya bullying merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang yang lebih kuat dalam bentuk mengintimidasi atau menindas satu orang atau lebih. Bullying berbeda dari konflik atau perdebatan biasa, karena ada kekuatan yang tidak seimbang antara kedua belah pihak yang terlibat.

Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap bullying.

Di Indonesia, bahkan di dunia kasus bullying dan dampaknya tanpa kita sadari masih dianggap remeh oleh sebagian orang. Kebanyakan orang tidak mengetahui dan menyadari bahwa kasus bullying dapat meninggalkan dampak yang serius terhadap kesehatan mental si korban walau si korban tersebut sudah tidak di-bully lagi. Lalu apakah masyarakat sudah benar benar sadar akan dampak yang dapat ditimbulkan bullying terhadap kesehatan jangka panjang si korban?
Banyak orang masih menganggap enteng bullying yang ada di tengah-tengah mereka dan beranggapan itu hanyalah persoalan biasa yang ada di kalangan remaja. Inilah salah satu penyebab makin maraknya kasus bullying di dunia.

Tindakan apa saja yang termasuk ke dalam bentuk bullying?

Cyber bullying

Ejekan & memaki maki

Pengabaian / pengisolasian

Penindasan (mental maupun fisik)

Lain lain

Apa tujuan pelaku mem-bully seseorang?

Pada dasarnya tujuannya adalah untuk menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan kepada korban, baik secara fisik maupun emosional yang dapat mengarah pada kesehatan fisik dan mental korban.Sang pelaku akan mendapatkan kepuasan tersendiri saat ia berhasil melihat korban tidak nyaman ataupun ketakutan.

Dampakdampak bullying terhadap korban.

Dampak bullying pun sangat beragam mulai dari dampak yang sangat ringan seperti takut datang ke sekolah, takut untuk berekspresi, prestasi sekolah menurun hingga sangat parah seperti;

Cedera fisik

Anxiety attack

Panic attack

Depresi

Mental disorder/illness

Menyakiti diri sendiri (self harm)

Bunuh diri.

Dampak yang disebabkan oleh bullying memungkinkan untuk terbawa hingga dewasa, yang berarti makin memperkuat bullying ini sehingga berdampak jangka panjang pada korban.

Sadarkah kalian bahwa kasus bullying memiliki kemungkinan yang cukup besar dalam mempengaruhi maupun merubah kepribadian korbannya? Dalam jangka panjang tanpa disadari dampakdampak di atas dapat terbawa hingga korban sudah tidak lagi di-bully. Misalnya, merasa bahwa dirinya tidak cukup untuk diri sendiri maupun orang lain, rendahnya kepercayaan diri, hingga selalu merasa cemas.Juga tidak menutup kemungkinan depresi kambuh dan memutuskan untuk bunuh diri.

Pahami dampaknya, jauhi bullying!

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags