1. Home
  2. ยป
  3. Creator
15 Mei 2018 11:28

Awas, Google bisa merekam 4 kegiatan internetanmu ini lho

Ada baiknya bijak ketika berinternet karena Google bisa tahu semua yang kamu lakukan. Eko Daido

Memposting foto atau update status di media sosial wajar-wajar saja asal tak melampaui batas. Mengakses internet untuk mencari informasi atau berkomunikasi pun masih wajar, sejauh yang dilakukan masih positif.

Lantas, mengapa kamu harus memanfaatkan internet secara positif, dan berhati-hati ketika melakukan update postingan di medsos? Itu karena, sebenarnya ada yang bisa merekam semua aktivitas dunia maya yang kamu lakukan, secara diam-diam.


Siapa pelakunya? Ya, siapa lagi kalau bukan Google. Mesin pencari yang sangat populer ini, ternyata punya kemampuan untuk melakukan perekaman data.Bukan hanya data umum saja, data-data pribadi yang detail pun mampu diperoleh Google dan sebenarnya data-data tersebut diperoleh dari kamu sendiri sebagai pengguna.

Pasti penasaran kan, data apa saja yang bisa diketahui oleh Google? Dilansir dari boombastis.com, data-data tersebut di antaranya,

1. Lokasi di mana kamu berada.

Foto: placester.com

Pasti banyak yang berpikir bahwa ini adalah ulah GPS atau Maps. Ternyata salah besar, karena justru yang bisa mengetahuinya adalah Instagram, UC Browser dan Chrome. Mengapa begitu? Jawabannya adalah, karena kamu menggunakan email untuk aplikasi-aplikasi tersebut. Nah, email yang kamu gunakan tentunya kebanyakan adalahgmail.

Sebagaimana diketahui, gmail adalah layanan pesan elektronik yang diciptakan oleh Google. Secara tak langsung, aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kita merupakan kamera pengintai yang bisa mengetahui di mana kamu berada. Kalau tak percaya cek aja di https://www.google.com/maps/timeline.

2. Browsing yang aneh-aneh bisa bikin Google ngakak.

Foto: betanews.com

Aktivitas yang kamu lakukan di mesin pencari bisa terekam oleh Google. Semua tercatat tanpa ada satu pun yang dilewatkan oleh Google. Kalau pun cache atau history sudah kamu hapus, tetap masih ada di Google.

Bahkan ada loh, keyword-keyword yang pernah kamu gunakan pada tab penyamaran muncul di situ. Pasti bingung kan? Jawabannya sederhana, karena tab penyamaran hanya bisa digunakan untuk bersembunyi dari jaringan internet, tapi tak bisa sembunyi dari Google. Penasaran? cek di https://myactivity.google.com/myactivity.

3. Malu dengan Google kalau instal aplikasi bajakan.

Foto: penablog.com

Aplikasi bajakan memang cukup menggiurkan, sebab kamu bisa menikmati berbagai macam fitur tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Namun ternyata, hal seperti itu bisa diketahui oleh Google.

Tak hanya riwayat penginstalannya saja, namun seberapa sering kamu membukanya, dan dengan siapa kamu sedang berhubungan lewat aplikasi tersebut bisa diketahui oleh Google. Tak percaya? cek aja di https://security.google.com/settings/security/permissions.

4. Video hot yang ditonton.

Foto: shutterstock.com

Jangan dikira dengan cara kamu sembunyi di bawah selimut dan memakai headset kamu bisa aman ketika menonton video "hot". Setiap video yang kamu lihat juga bisa dilihat oleh Google loh.

Lebih baik tobat aja, dari pada malah nambah dosa dan ditertawai sama mbah Google. Jangan lagi deh buka video-video yang begituan, mending nonton video-video kreatif atau tutorial. lebih bermanfaat.

Bagaimana kamu tahu bahwa yang kamu tonton bisa dilihat oleh Google? Cek aja di https://www.youtube.com/feed/history/search_history.

Nah, itu tadi aktivitas-aktivitas kamu yang bisa diintip oleh Google. Bisa dikatakan hampir semua aktivitas internet yang kamu lakukan bisa dilihat oleh Google, bukan?

Jadi, hati-hati dan bijak dalam menggunakan internet ya!

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags