1. Home
  2. ยป
  3. Creator
26 April 2020 14:15

Aoshima, pulau di Jepang yang dikuasai oleh ratusan kucing liar

Pulau Aoshima atau pulau yang dijuluki 'Cat Island' memiliki jumlah kucing yang lebih banyak dari jumlah manusia di sana. Abim Manyu

Terdapat 6.852 pulau di Jepang yang masing-masing memiliki keunikannya tersendiri. Salah satunya Pulau Aoshima yang terletak di Fukuoka. Apa yang menjadikan pulau ini terbilang unik? Jawabannya sederhana, kucing.

Pulau Aoshima atau pulau yang dijuluki 'Cat Island' memiliki jumlah kucing yang lebih banyak dari jumlah manusia di sana. Di pulau tersebut jumlah penduduk manusia tidak lebih dari 20 orang, yang semuanya telah berusia 50 sampai 70 tahun. Sedangkan jumlah kucing mencapai 120 ekor lebih. Tak heran bila berkunjung ke pulau ini, kamu akan melihat kucing-kucing yang menguasai jalanan, berkeliaran di batuan pantai, dan tempat-tempat lainnya.


Sebagian besar penduduk di pulau ini berprofesi sebagai nelayan. Penduduk mulai bermigrasi ke Pulau Aoshima sekitar 380 tahun lalu dan mendirikan desa nelayan. Namun sering kali umpan cacing yang mereka gunakan habis dimangsa tikus. Karena itulah warga yang berdatangan membawa banyak kucing untuk mengusir hama tikus.

Dalam 10 tahun terakhir jumlah kucing yang menghuni pula8u ini meningkat drastis, berbanding terbalik dengan jumlah penduduknya. Seiring perkembangan zaman, banyak penduduk yang memutuskan untuk merantau karena menurunnya lowogan kerja di pulau ini. Lama-kelamaan, pulau ini hanya dihuni oleh para lansia dan digunakan sebagai tempat untuk menikmati masa tua.

Jumlah kucing yang meningkat pesat ini dikarenakan penduduk di sana menganggap kucing sebagai pembawa keberuntungan. Sehingga mereka selalu memberikan makanan dan membiarkan kucing terus berkembang biak. Uniknya, kucing di sini tidak pilih-pilih makanan. Mereka senang menikmati biskuit wafer, nasi, atau kentang dari penduduk pulau.

Banyaknya kucing menjadi daya tarik bagi para penyuka kucing, baik lokal maupun mancanegara. Hampir setiap hari selalu ada saja wisatawan yang berkunjung ke Pulau Aoshima.

Bila tertarik mengunjungi pulau ini, kamu bisa menggunakan kapal fery dari Pelabuhan Nagahama. Setiap hari ada dua kapal yang berangkat menuju Pulau Aoshima pada pukul 08:00 dan 14:30 waktu setempat.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags