1. Home
  2. ยป
  3. Creator
29 September 2020 10:10

7 Cara mengatasi rasa insecure agar kamu dapat lebih bersyukur

Insecure merupakan perasaan tidak nyaman terhadap kepercayaan diri, baik dari fisik, kepintaran, atau keahlian. Itsna Zulva Badawi

Rasa insecure adalah perasaan tidak nyaman terhadap kepercayaan diri. Baik dari fisik, kepintaran, atau keahlian. Insecure memang menjadi masalah yang hampir dirasakan oleh semua orang. Nggak enak banget kan memikirkan Hal-hal yang seharusnya gak perlu dipikirkan terlalu larut karena haltersebut sebenarnya tidak bisa kamu ubah.

Tapi tenang saja, berikut iniada beberapa cara untuk mengurangi rasa insecure agar ke depannya kamu bisa lebih bersyukur.


1. Berdamai dengan diri sendiri.

Hal pertama adalah berdamai. Akui dan jujur saja dengan diri sendiri. Kalau sedang sedih, kamu gak perlu merasa harus berpura-pura untuk bahagia. Kalau merasa marah, kamu gak perlu merasa semuanya sedang baik-baik saja. Tak apa untuk mengakui kalau kamu sedih dan itu tidak akan mengubah apa-apa.

2. Ingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna.

Camkan hal tersebut diotak. Kamu kadang suka lupa kalau tidak ada manusia yang sempurna. Seseorang yang terlihat sempurna pun pasti punya kekurangan. Jangan berpikir teman atau orang terdekatmu akan menjauhimu setelah tahu kekuranganmu. Teman yang baik akan selalu menerima kelebihan dan kekuranganmu. Akan tetap ada orang-orang yang mencintaimu dengan apa adanya dirimu, percaya deh!

3. Sesekali bersikaplah egois.

Terkadang kamu selalu memikirkan perasaan orang lain sampai lupa kalau kamu kamu juga punya perasaan yang harus didahulukan. Sesekalitak apakalau kamu bilang "tidak" terhadap apa yang memang tidak ingin kamu lakukan. Walaupun rasanya gak enak banget, tapi itu bisa menyelamatkanmu dari perasaan insecure.

4. Tetapkan batasan.

Kamu harus memiliki batasan agar orang lain tidak seenaknya terhadapmu. Batas itu seperti tali yang tidak bisa orang lain lewati. Kamu tetap harus memiliki privasi supaya orang lain tidak merasa mengetahuimu lebih jauh lalu seenaknya bicara hal yang tidak kamu harapkan.

5. Kurangi membandingkan diri dengan orang lain.

Kamu hebat dengan bagaimana dirimu, kok! Jangan selalu melihat kelebihan orang lain yang tidak kamu punya. Kamu pun punya kelebihan yang orang lain tidak punya. Bandingkan dirimu yang sekarang dengan dirimu yang lalu. Apa keinginan yang sudah kamu capai, apa mimpi yang sudah berada di genggamanmu, apa keahlianmu yang sudah terasah hingga kamu sehebat sekarang. Ingat, setiap manusia punya porsinya sendiri dan jalan hidup yang berbeda.

6. Jangan lupakan me time.

Waktu untuk sendiri adalah waktu yang paling tepat untuk berbicara kepada diri sendiri dan merenungi banyak hal. Kamu bisa jujur kepada dirimu sendiri tentang apa yang kamu mau dan tidak, tentang apa yang kamu suka dan tidak, tentang apa yang kamu impikan dan tidak.

7. Habiskan waktu dengan orang yang menyayangimu.

Jangan habiskan waktu dan tenagamu untuk orang yang tidak menyayangi dan menghargaimu. Jangan membuang waktumu untuk orang yang justru akan membuatmu semakin tidak percaya diri. Jangan hangout dengan teman yang sering membicarakan kekuranganmu. Selalu ingat bahwa kamu itu cantik dan kamu berharga setidaknya untuk dirimu sendiri.

Bagaimana? Sudah paham, kan? Sekarang jangan insecure lagi, ya. Mari mulai mencintai diri sendiri. Kamu harus bahagia dulu untuk bisa membahagiakan orang lain, jangan justru terbalik, membahagiakan orang lain agar diri sendiri bahagia. Bahagia orang lain bukan tanggung jawabmu. Love yourself!

(brl/red)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags