1. Home
  2. ยป
  3. Creator
21 Juni 2019 15:33

6 Makanan ini terbukti dapat menurunkan gula darah secara perlahan

Kadar gula darah yang tak seimbang dapat menyebabkan munculnya penyakit serius seperti diabetes. Alwi Alaksa
doktersehat.com

Gula darah merupakan sumber energi utama bagi sistem kerja otak, sistem saraf, dan organ tubuh yang lainnya. Gula darah di dalam tubuh diperoleh dari sumber makanan yang dikonsumsi. Sumber makanan ini diserap dalam bentuk lemak, karbohidrat, dan protein. Hal yang harus di pahami adalah kadar gula dalam tubuh wajib berada dalam keadaan yang normal, artinya tidak terlalu tinggi, ataupun terlalu rendah. Ini dilakukan agar kinerja organ tubuh lainnya tetap dalam keadaan normal.


Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana jika kadar gula darah tubuh terlalu rendah atau terlalu tinggi? Jawabannya simpel, yang harus dilakukan adalah mengembalikan kadar normal gula darah. Jika kadar gula darah dalam tubuh tinggi, tubuh akan mengalami dampak dan akibat tertentu. Contoh adalah Andadiabetes,kerusakan saraf, dan bahkanginjalberpotensi kehilangan fungsinya.

Bagi orang yang mengalami kondisiprediabetes, tidak ada makanan atau minuman yang dapat menurunkan kadar gula darah secara cepat. Hal yang dapat dilakukan hanya obat, diet, dan olahraga. Tapi jangan khawatir, masih ada beberapa makanan yang bisa menurunkan gula darah perlahan. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut ini.

1. Buah alpukat.

liputan6.com

Lemak tak jenuh pada buah alpukat menjadi komponen penting untuk mengendalikan kadar gula darah yang normal. Alpukat bisa meningkatkan kinerja hormoninsulin(hormon untuk membantu menormalkan kadar gula darah tubuh) dengan menimbulkan rasa kenyang setelah dimakan. Selain itu alpukat juga bisa menurunkan risikosindrom metabolik yang merupakansalah satu pemicu utama diabetes.

2. Ikan yang mengandung zat omega 3.

liputan6.com

Mengonsumsi ikan yang mengandung protein baik untuk menurunkan gula darah berlebih di dalam tubuh. Selain itu, ikan juga terbukti tidak menaikan atau menurunkan gula darah ketika kamu memakannya. Dengan makan ikan, protein yang terkandung bisa menimbulkan kenyang, dan kamu tidak perlu makan makanan tambahan yang mungkin malah menaikkan gula darah.

Pilihlah ikan yang rendah lemak serta mengandung zat omega 3 yang baik untuk kesehatan. Di antaranya adalah ikan salmon,trout (ikan yang hidup di air tawar),tuna,kembung, danHalibut ( di Indonesia disebut ikan sebelah).

3. Bawang putih.

doktersehat.com

Bawang putih berpotensi untuk menurunkan gula darah yang tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan bawang putih sebelum makan besar dapat membantu menormalkan gula darah. Bawang putih nyatanya memiliki efek positif jika dihubungankan dengan gula darah karena tidak mengandung karbohidrat di dalamnya.

4. Kakao.

liputan6.com

Kakao, yang merupakan bahan utama coklat ternyata baik untuk menurunkan gula darah yang meningkat di dalam tubuh. Sayangnya, kakao yang dimaksud bukanlah kakao yang diolah jadi cokelat manis. Kakao yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah adalah benih kakao yang mengandungantioksidan,flavanol, dan protein penting untuk tubuh. Rasanya juga tergolongpahit dan tidak ada sedikit pun mengandung pemanis, tetapi sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah.

5. Telur.

liputan6.com

Telur adalah salah satu makanan yang memang mengandung kolesterol tinggi. Namun ternyata protein yang terkandung dalam telur bisa membantumenyesuaikan dan mengatur gula darah tubuh agar tetap seimbang. Makan telur akan menyebabkan rasa kenyang, sehingga kamu tidak butuh makanan berlebih. Sebaiknya konsumsi telur dengan cara direbus dan secukupnya saja, mengingat kandungan kolesterol berlebih dapat meningkatkan risiko sakit jantung.

6. Sayuran hijau tinggi serat.

alodokter.com

Sayuran seperti bayam, selada, lobak dan kubis tinggi akan kandungan serat, magnesium, dan vitamin A. Nutrisi tersebut mampu menurunkan gula darah yang kadarnya tinggi. Jika kamu makan satu piring sayuran per hari, kamu bisa menurunkan risiko naiknya gula darah dan diabetes tipe 2 sebesar 14%.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags