1. Home
  2. ยป
  3. Creator
28 Februari 2019 16:35

6 Kopi asli Indonesia yang mendunia, sudah pernah coba mana saja?

Nomor 3 merupakan kopi termahal. Krishna Chandra

Jenis-Jenis Kopi Nusantara jumlahnya sangat banyak akan tetapi hanya sedikit yang digemari oleh para pecinta kopi. Bicara tentang kekayaan indonesia seakan tidak ada habisnya. Mulai dari zaman dahulu indonesia terkenal dengan kekayaan alam dan rempah-rempahnya. Salah satunya adalah Kopi indonesia yang khas sudah terkenal dan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Sekarang ini indonesia menduduki urutan ke empat negara penghasil kopi terbaik di dunia. Kita sangat bangga dengan prestasi ini. Walaupun sebenarnya kita bisa menjadi yang terbaik di dunia. Mari kita bahas Kopi-Kopi terbaik di Indonesia yang terkenal di dunia.


1. Kopi gayo

Kopi Gayo merupakan jenis kopi Arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Kopi ini di produksi di daerah aceh tengah tepatnya di dataran tinggi gayo. Di daratan tinggi gayo inilah pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia di hasilkan. Buah Kopi Gayo, Aceh Tengah. Kopi gayo mempunyai cita rasa yang tinggi yaitu dengan aroma yang nikmat serta khas, tingkat keasaman yang lebih rendah dan memiliki kepahitan yang kuat. Dengan berbagai kenikmatan dan aroma yang khas oleh kopi arabika gayo, dunia internasioal menganugrahi Fair Trade Certified sebagai bentuk apresiasi untuk kopi arabika gayo sebagai kopi terbaik didunia. Kopi arabika gayo sekarang sudah di ekspor ke berbagai negara seperti Kawasan asia, Amerika dan Eropa.

2. Kopi Kintamani

Selain pesona wisata yang sangat terkenal di dunia. Bali juga mempunyai permata yang tersembunyi yaitu penghasil kopi terbaik di dunia. Di daerah kintamani Bali mempunyai kopi yang memiliki ciri khas yang beda dari yang lain. Kopi disini bercita rasa bercampur dengan rasa buah yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Kopi Kintamani juga bercita rasa keasaman bercampur dengan rasa segar sehingga menimbulkan cita rasa yang unik.

Hal itu di sebabkan oleh sistem penanaman biji kopi yang bercampur dengan beraneka ragam sayuran atau yang biasa disebut dengan sistem tumpang sari. Kalau anda suka dengan aroma kopi yang segar dan asam, anda bisa mencoba kopi kintamani ini sebagai alternatif yang pas untuk menemani hari anda.

3. Kopi Luwak

Ketika kita membahas tentang kopi di nusantara belum lengkap rasanya kalo belum kenal kopi yang satu ini. Kopi ini menjadi incaran para pecinta kopi di seluruh dunia. Produksi yang sangat terbatas menjadikan kopi ini langka dan sangat mahal untuk mencicipi secangkir kopi luwak ini.

Kopi luwak dihasilkan dari proses yang unik. Sejarahnya terciptanya kopi luwak ini yaitu pada Zaman belanda para petani tidak di perbolehkan mencicipi kopi yang telah di tanamnya. Suatu ketika para petani melihat luwak atau musang ini memakan biji kopi. Ternyata luwak ini tidak bisa mencerna biji kopi yang di makannya. Dilihat dari hasil kotorannya yang masih menyisakan biji kopi yang di tanamnya, para petani yang mempunyai penasaran tinggi ingin merasakan kopi. Mereka merebus biji kopi tersebut dan ternyata menghasilkan sajian kopi yang bercita rasa tinggi hingga saat ini.

Kopi luwak menjadi kopi terbaik dan termahal di dunia saat ini dan tentunya asli produk indonesia.

4. Kopi Flores Bajawa

Banyak kita ketahui bahwa Flores memiliki keindahannya yang menawan untuk mengunjunginya. Selain memiliki keindahan alamnya, flores juga memiliki kopi khas Flores yang terdapat pada dataran yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Daerah flores ini juga menyumbang akan kopi terbaik nusantara yang di kenal dunia. Kopi di Flores tumbuh subur karena adanya abu vulkanik dari gunung berapi. Jenis kopi Flores merupakan jenis kopi Arabica. Ber-aroma buah dan ada tambahan tembakau setelah meminumnya, anda akan terkesan setelah meminum kopi ini.

5. Kopi Jawa

Kopi jawa mulai di kenal dunia sejak abad ke 17. Saat itu belanda memulai menanam biji kopi jawa di tanah jawa dan menjadikannya produsen penghasil kopi terbesar di dunia saat itu. Walaupun Jenis-Jenis Kopi sudah banyak tetapi kopi jawa masih menjadi pilihan utama buat para petinggi Belanda.

Kopi ini beraroma tipis rempah-rempah. Melalui proses giling basah yang membuatnya sangat berbeda dan menarik untuk dicicipi. Di pegunungan ijen banyuwangi jawa timur inilah kopi jawa arabika berkualitas dunia di hasilkan sempurna untuk pecinta kopi sejati.

6. Kopi Sidikalang

Kopi sidikalang menjadi kopi terbaik di indonesia selanjutnya yaitu dengan cita rasa yang mantap. Kopi ini sangat digemari para pecinta kopi sejati baik dari nusantara ataupun dari manca negara. Karena kualitasnya yang tinggi, kopi sidikalang ini menjadi pesaing utama dari kopi brazil.

Kopi ini mempunyai tekstur yang paling halus diantara jenis kopi dunia. Kopi Sidikalang merupakan pilihan terbaik saat menemani sore anda. Jenis-Jenis kopi ini sangat mudah kamu temui di berbagai tempat di indonesia.

(brl/tin)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags