1. Home
  2. ยป
  3. Creator
14 Desember 2017 22:30

8 Kreasi bukti pisang buah multitalenta, dari kuliner hingga fashion

Pisang digemari berbagai kalangan. Ipit Handayani

Pisang merupakan salah satu buah yang mudah sekali ditemui di berbagai tempat. Hal ini lantaran pohonnya mudah tumbuh di dataran rendah maupun di dataran tinggi serta jenisnya pun sangat banyak.


Penanamannya juga tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus karena biasanya pohon pisang mudah tumbuh dengan sendirinya, terutama di lahan perkebunan liar. Karena sifat pohonnya tersebut, maka tak heran bila buah pisang menjadi salah satu buah paling banyak dikonsumsiorang.

Tak hanya enak dimakan lahap-lahap, berbagai macam kreasi makanan berbahan dasar pisang juga tak kalah enaknya.

Banyak masyarakat yang berpendapat bahwa buah pisang adalah buah seribu satu manfaat. Bahkan sebagian juga ada yang menyebutnya dengan julukan buah multitalenta.

Dijuluki multitalenta karena buah pisang selalu bisa dikreasikan ke dalam semua jenis makanan yang biasanya mudah diterima oleh lidah manusia. Baik itu makanan yang bersifat basah, kering, dingin, ataupun panas. Pisang juga cocok dipadu padankan dengan makanan yang lainnya. Berbeda dengan buah-buahan lain yang kebanyakan tidak cocok dijadikan bahan makanan dengan keempat sifat tersebut.

Eksistensi makanan berbahan dasar pisang ini memang tak dapat dipungkiri lagi. Bahkan saking banyaknya, makanan-makanan tersebut sudah tak asing lagi di lidah kita dan sudah menjadi bagian dari camilan sehari-hari. Berikut 8 bukti kalau buah pisang patut dijuluki buah multitalenta.

1. Bisa dibuat jadi kue basah seperti bolu pisang, kue papais/lapet, dan martabak topping pisang.


2. Untuk jenis makanan yang digoreng, sepertinya pisang memang juara. Terbukti banyak gorengan lezat yang berbahan dasar pisang seperti piscok, pisang goreng, dan yang sedang hits pisang nugget.


3. Pisang juga paling enak dibuat jadi keripik, apalagi kalau dibumbui dengan berbagai rasa.


4. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau pisang juga kerap dijadikan bahan campuran dalam kuah kolak.


5. Dikreasikan jadi makanan yang dikukus pun kelezatannya tak berkurang. Apalagi untuk para penikmat pisang kukus.


6. Tekstur lembek pada pisang sering dimanfaatkan oleh para ibu untuk dijadikan bubur makanan bayi. Bubur pisang juga dikenal banyak mengandung gizi lho.


7. Kalau ini seri kreasi makanan dari pisang yang paling nikmat dan menyegarkan, dibuat jadi es!


8. Selain di bidang makanan, pisang juga ternyata hits di bidang fashion! Baju bergambar pisang yang sedang viral ini bahkan mampu menarik minat anak-anak juga kaula muda.

(brl/fen)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags