1. Home
  2. ยป
  3. Creator
10 Februari 2020 15:15

5 Kesalahan merawat kulit ini bikin pori-pori menjadi lebih besar

Alih-alih ingin cantik, ternyata malah bikin wajah rusak. Affanda Tim

Minyak berlebih, sel kulit mati, kotoran, dan bakteri dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya tampak lebih besar. Merawat wajah memang sangat penting, tetapi terkadang kita menjadi terobsesi. Padahal, terlalu banyak perawatan yang tidak baik dan beberapa kebiasaan kecantikan sehari-hari ini dapat merusak pori-pori. Apa saja itu?

1. Sering menggunakan kertas blotting minyak.


Kertas blotting minyak dapat menjadi solusi ketika hari panas dan kulit kita cenderung menjadi lebih berminyak dan berkeringat. Padahal, menggunakannya berulang kali dapat merusak kulit.

Pada kenyataannya, lapisan minyak tipis diperlukan untuk kulit. Dengan melepasnya terus-menerus, kita memaksa kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Ini menyebabkan pori-pori tersumbat dan membuatnya lebih besar.

2. Terlalu banyak pengelupasan kulit.

Eksfoliasi membantu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori. Tindakan sederhana ini menyegarkan dan dapat membuat pori-pori tampak lebih kecil. Padahal, kamu hanya perlu melakukannya 1-2 kali per minggu.

Pengelupasan yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kering dan membuka pori-pori wajah. Mencuci wajah lebih dari dua kali sehari akan menghilangkan lapisan minyak alami. Sehingga kulit menjadi sensitif terhadap debu dan kotoran luar yang dapat menyebabkan peradangan dan jerawat.

3. Membiarkan kulit kering.

Kulit kering menyebabkan keriput dan membuat wajah terlihat lebih tua. Selain itu, kulit kering menyebabkan pori-pori menjadi rata dan terlihat lebih besar. Jadi, tidak hanya berbahaya bagi pori-pori, tetapi juga membuat wajah terlihat lebih tua. Untungnya, ini mudah dicegah. Pilihlah tonik yang baik dan pelembap sesuai dengan jenis kulit dan oleskan pada wajah setiap hari.

4. Terlalu sering merias wajah.

Pada siang hari, riasan wajah secara alami akan hilang. Tidak ada salahnya melakukan retouching, tetapi tidak perlu terlalu banyak. Kulit menghasilkan minyak dan dengan terus-menerus menyeka kulit dengan bedak akan membuat lapisan minyak, kotoran, dan make up menjadi satu. Mengaplikasikan make up secara konstan pada saat kondisi wajah tidak bersih akan membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan wajah berjerawat.

5. Tidak menggunakan sunscreen.

Paparan sinar matahari berbahaya bagi kulit dalam banyak hal. Menghilangkan kolagen, elastin, air dari kulit, dan menyebabkan penyusutan jaringan. Ini menyebabkan tepi pori-porimu meregang dan terlihat kendor. Jadi, menggunakan sunscreen adalah hal yang wajib!

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags