1. Home
  2. ยป
  3. Creator
7 September 2018 13:11

5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pendakian gunung

Kamu boleh saja mendaki Everest, asal tahu aturannya. Reny Hardianti

Mumpung musim kemarau, saatnya membuat rencana naik gunung untuk weekend nanti.Wait! Pastikan persiapanmu matang sebelum cabut. Karena mendaki gunung nggak sesepele Nobita kalau mau main ke bukit belakang sekolah. Bukannya lebay atau mau menakut-nakuti, tetapi nyatanya memang ada hal-hal yang perlu dipersiapkan secara matang untuk menghindari kemungkinan terburuk selama pendakian gunung.

1. Pemilihan lokasi.


Kamu pemula atau pendaki ekspert? Sesuaikan medan dengan kemampuanmu ya. Kamu boleh kok mendaki ke Everest sekalipun asal pengalaman dan kemampuanmu mumpuni.

2. Persiapan fisik.

Semudah dan sesering apapun medan yang akan didaki, tetap lakukan persiapan fisik, ya. Paling tidak dua minggu sebelumnya rutin jogging. Ditambah fitness pun lebih baik. Sesuaikan latihan untuk kekuatan otot kaki dan punggung, serta kekuatan jantung dan paru-paru.

3. Persiapan tim.

Jangan mendaki sendirian, sehebat apapun kamu. Tidak ada yang tahu kapan hal buruk akan terjadi, kan? Buatlah tim minimal empat orang, ya.

4. Peralatan.

Sesuaikan peralatan yang dibawa dengan kebutuhan di lapangan. Mulai dari perlengkapan pribadi, perlengkapan tim, perlengkapan keselamatan, obat-obatan, serta logistik. Perhatikan pembagian beban sesuai dengan kemampuan per individu, namun jangan terlalu timpang juga. Perhatikan juga cara packing-nya. Pastikan rapi agar mudah dicari ketika diperlukan.

5. Bersama orang yang kompeten di bidangnya.

Jika tidak ada di antara timmu yang pernah mendaki gunung yang menjadi tujuan liburanmu itu, maka pilihan untuk memakai jasa guideakan terasa lebih baik.

Selamat mendaki dengan bijak. Safety first!

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags