1. Home
  2. ยป
  3. Creator
18 Januari 2018 02:30

5 Hal yang harus dilakukan agar aman berkendara malam hari

Kejahatan mengintai di jalan raya. Baharrudinp


Kejahatan di jalan raya akhir-akhir ini sering terjadi, tak jarang teman, tetangga atau bahkan keluarga sendiri jadi korban dari kejahatan ini. Tentunya hal ini membuat orang menjadi khawatir, bahkan takut jika akan berpergian keluar rumah saat malam hari.

Ini jelas mengganggu aktivitas kita apalagi yang sering pulang kerja malam. Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa trik agar kita bisa aman dalam berkendara.


1. Persiapkan motor dalam kondisi siap tempur!

Ketika akan berpergian persiapkan segala sesuatu dengan baik seperti motor. Karena ketika ada masalah dengan motor yang kita digunakan dijalan maka akan berisiko terjadi kejahatan kepada kita. Untuk itu persiapkan motor yang akan digunakan dalam keadaan baik. Tak lupa juga siapkan peralatan bengkel sedehana agar ketika terjadi masalah dengan motor, kita dapat memperbaikinya cepat walaupun sebatas pertolongan pertama. Dan yang gak kalah penting perhatikan pula agar motor terisi bensin dan cukup sampai tujuan.

2. Pastikan tidak melewati rute berbahaya ketika berpergian malam

Anda tentu hafal daerah mana saja yang anda lewati ketika berangkat bekerja dan pulang kerja. Pastikan ketika pulang malam hari anda tidak melewati daerah yang bahaya. Daerah bahaya maksunya daerah yang rawan terjadi kejahatan dan kecelakaan biasanya jalan lurus yang kurang penerangan menjadi favorit para pelaku begal.

3. Jangan berhenti jika diancam begal di jalan

Jangan pernah berhenti dalam kondisi apaupun jika didekati orang dan diancam untuk berhenti. Bisa dipastikan orang yang mengancam tadi adalah begal. Hendaknya jangan menuruti dan takut akan ancamannya. Tetaplah berkendara dan berhentilah ditempat yang sekiranya dapat memberi bantuan seperti kantor polisi, kodim, atau tempat yang ramai seperti pom bensin.

4. Bunyikan klakson saat di dekati penjahat!

Bunyikan klakson yang keras saat anda mulai didekati oleh penjahat. Bunyi klakson yang keras otomatis akan menarik perhatian orang orang disekitar. Maka penjahat akan otomatis menjauh dari anda dan anda bisa berkendara dengan aman.

5. Jaga komunikasi dengan orang rumah

Terakhir, jika memang anda harus pulang lewat tengah malam pastikan jaga komunikasi dengan orang rumah. Hal ini bermaksud agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan orang rumah sudah siap membantu anda.

(brl/pep)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags