1. Home
  2. ยป
  3. Creator
7 November 2019 11:00

4 Tips diet tanpa menyiksa ini cocok bagi pemula

Diet bukan berarti harus menahan untuk tidak makan dalam kurun waktu yang lumayan lama. Dewi Ermawati

Seperti yang sudah biasa terjadi bahwa diet adalah momok paling mengerikan bagi sebagian umat manusia. Takut lapar dan tidak tahan godaan adalah salah satu faktor mengapa banyak orang tidak mau melakukan diet. Padahal diet memiliki makna pola kebiasaan, bukan berhenti makan.

Masih banyak mindset yang berpikiran jika melakukan diet berarti tidak bisa makan seperti manusia normal atau harus menahan untuk tidak makan dalam kurun waktu yang lumayan lama. Itu bukan diet, melainkan menyiksa diri.


Berikut ini merupakantips diet yang tidak menyiksa buatkamu yang pemula atau ingin mencoba untuk berdiet. Simak baik-baik, ya!

1. Ketahui kebutuhan kalori tubuh.

Sebelum diet pastikan kamu tahu berapa kalori yang harus masuk ke dalam tubuhmu setiap hari. Gunakan kalkulator BMR untuk bisa mengetahui berapa kalori yang dibutuhkan. Kalkulator BMR akan membantumu merata-rata. Tidak masalah kamu menghitung kalori menggunakan apa saja, tapi pastikan kamu tahu supaya kalori yang masuk ke tubuh tidak kelebihan dan kekurangan.

2. Selalu hitung kalori makanan yang akan kamu makan.

Untuk pemula, kamu tidak perlu terlalu heboh dalam urusan makanan. Misalnya pada hari pertama sarapan satu buah pisang, makan siang satu buah pepaya, makan malam satu buah apel.Jangan lakukan itu. Kamu gak perlu menyiksa diri.

Mulailah dari hal yang paling sederhana saja. Jika kamu biasa sarapan dengan pecel, makanlah pecel. Jika kamu terbiasa makan siang rawon, makanlah rawon. Jika takut kelebihan kalori, gunakan penghitung kalori untuk membantu mengontrol apa yang akan masuk ke dalam tubuh.Saya rekomendasikan untuk menggunakan aplikasi berhitung Fat Secret. Kamu hanya perlumenghitung,bukanmenghilangkan kalori.

3. Olahraga 10 menit per hari.

Jika berniat untuk diet tapi malas berolahraga, kamu sama seperti mencintai tanpa dicintai. Artinya ya percuma saja! Apa pun diet yang kamu lakukan jika tidak melakukan olahraga hasilnya tidak akan memuaskan seperti apa yang ada dalam bayanganmu.

Tidak perlu berlebihan, cukup olahraga yang sederhana saja. 10 menit setiap hari sudah cukup bagi pemula. Jika malas keluar rumah kamu bisa melakukan workout home. Yang jelas jangan tinggalkan olahraga.

4. Kurangi begadang.

Begadang adalah kebiasaan buruk jika kamu melakukannya tanpa alasan. Biasakan hidup dengan tidak membuat atau melakukan kebiasaan buruk. Jika segala urusan telah selesai maka segeralah tidur. Jangan membuang waktu untuk berselancar di sosial media hingga tidak tidur semalaman. Itu sangat tidak bagus bagi dietmu.

Diet bukan hanya soal makanan, tapi soal kebiasaan pola hidup sehat dan teratur. Mulai biasakan diri untuk selalu hidup teratur.

Gimana nih tipsnya? Masihkah berpikir diet itu menyakitkan? Kamu hanya perlu berubah selangkah demi selangkah dan konsisten. Jangan mudah tergoda dengan sekelilingmu. Untuk pemula harus mencoba tips ini. Dalam satu bulan kamu akan merasakan perubahan besar terjadi pada diri dan mindset kamu. Semoga berhasil!

(brl/red)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags