1. Home
  2. ยป
  3. Creator
1 Agustus 2019 10:22

4 Fakta unik 'hua jiao' alias mala yang bisa bikin lidah kamu kebas

Buat penyuka kuliner pedas, selain cabai ada rempah 'hua jiao' alias mala yang bisa bikin lidah kamu kebas. Denny Suryadharma

Buat para pencintanya, makanan dengan cita rasa pedas sudah pasti nambah selera makan. Nah, selain sensasi pedas cabai yang udah sering dirasakan, ternyata ada juga loh rempah dengan cita rasa pedas yaitu hua jiao alias mala atau szechuan pepper.

Nah, saking pedasnya, rempah ini bisa bikin lidah kamu jadi kebas untuk beberapa saat. Hua jiao ini umumnya digunakan dalam masakan dari daerah Szechuan seperti mafo tufu dan hot pot dengan cita rasa pedas penggugah selera.


"Mala ini unik dan langka di Indonesia, dan di Bandung baru kami yang memulainya untuk menu malatang hot pot dan mala barbeque", ungkap Derza Afriana, owner kedai mongolian hot pot."Saya jamin rasa mala kami 100 persen original authentic", tegas Derza saat ditemui di Bandung.

Lalu ada fakta unik apa dari mala alias Hua jiao ini? Yuk kita simak penelusurannya di bawah ini.

1. Salah satu elemen ngo hiong.

Hua jiao ini adalah salah satu elemen dari satu kesatuan sempurna dari bubuk lima rempah dalam masakan oriental dengan prinsip yin dan yang. Hua jiao memegang rasa pedas yang akan berpadu secara seimbang dengan empat unsur elemen rempah lainnya, yakni gan cao, jie mo, gui pi, dan hei dou kou. Jadi jangan heran jika ada masakan dengan ngo hiong ini dibanderol cukup tinggi.

2. Pengawet alami.

Hua jiao ini sudah dikenal lama sebagai salah satu bahan untuk mengawetkan makanan karena mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan tanin. Makanan seperti daging atau ikan bisa tahan beberapa hari karena senyawa yang ada pada Hua jiao ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri perusak pada makanan.

3. Bagus untuk daya tahan tubuh.

Hua jiao ini kaya akan kandungan zinc sehingga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Nah mineral zinc ini yang memengaruhi sel T untuk mengaktifkan imun dalam tubuh saat ada penyakit datang menyerang.

4. Atasi peradangan.

Nah fakta unik terakhir nih, Hua jiao ini mengandung anti oksidan, asam organik, pitosterol, dan terpena. Senyawa tersebut punya efek antiradang dalam tubuh dan menetralisir radikal bebas sebagai penyebab peradangan.

Nah, itu tadi 4 fakta unik dari Hua jiao, bumbu rempah rahasia dari Negeri Tirai Bambu yang kaya akan manfaat. Tapi ingat, mengonsumsinya harus sesuai dengan takaran atau aturan agar manfaat yang diperoleh bisa maksimal. Tetap sehat untuk terus mencicipi kuliner unik yah.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags