1. Home
  2. ยป
  3. Creator
21 Juni 2019 14:43

3 Faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih aki basah atau kering

Accumulator (accu) atau biasa disebut aki merupakan komponen terpenting di kelistrikan kendaraan. Haikal Luthfi

Kendaraan seperti mobil dan motor tentu memiliki beberapa komponen yang menggunakan listrik, seperti sistem starter, klakson dan beberapa lampu. Untuk menyuplai kelistrikan pada beberapa komponen tersebut, maka diperlukan yang namanya accu.

Secara umum, fungsi accu sebagai menyimpan dan menyuplai energi listrik pada komponen kendaraan. Apabila accu soak, otomatis suplai listrik pada kendaraan tersebut akan berkurang. Akibatnya semua komponen tersebut akan mengalami permasalahan, seperti starter sulit dihidupkan ataupun lampu kendaraan yang menjadi redup.


Memilih accu yang akan digunakan perlu memperhatikan beberapa aspek. Salah satunya jenis accu yang akan digunakan, apakah menggunakan accu basah atau accu kering. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekuranganya tersendiri. Faktor-faktor tersebut bisa dilihat dari perawatannya, tampilan, dan juga harga accu yang akan dibahas sebagai berikut.

1. Perawatan accu.

Accu basah cenderung membutuhkan perawatan secara rutin. Karena cairan elektrolit yang terdapat pada accu basah akan lebih cepat menguap dikarenakan panas yang disebabkan penggunaan atau bisa dikarenakan suhu lingkungan. Sehingga harus lebih intensif dicek ketinggian airnya, paling tidak sebulan sekali.

Hal ini berbeda dengan accu kering yang menggunakan cairan berbentuk gel, sehingga perawatan aki kering ini sifatnya maintenance free (MF) alias bebas perawatan. Biasanya usia pemakaian accu kering ini mencapai dua tahun.

2. Tampilan accu.

Secara fisik, accu basah didesain transparan agar dapat melihat kondisi sel dan ketinggian air. Terdapat penanda garis batas untuk ketinggian air accu agar memudahkan kapan harus mengisi air. Sedangkan kemasan accu kering didesain lebih tertutup rapat alias tidak transparan.

3. Harga accu.

Untuk harga, accu kering biasanya relatif lebih mahal dibanding accu basah.

Pada akhirnya, semua itu kembali ke selera masing-masing pemilik kendaraan. Apabila kamu adalah tipikal yang gemar merawat kendaraan, tidak ada salahnya menggunakan accu basah. Selain harganya yang lebih murah, accu basah akan membuat kamu lebih perhatian terhadap kendaraanmu. Namun apabila kamu adalah tipe yang cenderung tidak sempat merawat kendaraan serta memiliki anggaran lebih, accu kering menjadi pilihan yang tepat karena tidak memerlukan perawatan rutin.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags