1. Home
  2. ยป
  3. Creator
31 Januari 2018 13:42

3 Fakta mencengangkan air liur, bisa prediksi kematian lho

Cairan bening yang berfungsi dalam proses mengunyah makanan ini akan terus diproduksi seseorang selama orang tersebut dalam kondisi hidup. Dara K

Air liur atau saliva menyimpan manfaat yang besar bagi kesehatan mulut dan pencernaan manusia. Cairan bening yang berfungsi dalam proses mengunyah makanan ini akan terus diproduksi seseorang selama orang tersebut dalam kondisi hidup.

Apakah kamu tahu berapa banyak air liur yang dihasilkan dalam 1 hari. Yuk simak fakta tentang air liur yang mungkin bakal sulit kamu percaya!


1. Mulut kamu menghasilkan ludah sebanyak 1 botol dalam 1 hari


(Foto:Buzzfeed.com)

Berdasarkan fakta, manusia pada umumnya bisa menghasilkan air ludah sebanyak 1-2 liter per hari. Banyaknya air liur yang kamu hasilkan biasanya juga tergantung dengan pola makan, penyakit dan kondisi psikologi kamu. Jika makan makanan yang pedas atau asam, biasanya produksi air liur akan berlebih.

Tentang kondisi tubuh, jika kamu merasa gugup, biasanya produksi air liur kamu akan berkurang. Jadi produksi air liur kamu yang semulanya 1 liter bisa menjadi 2 liter jika kamu makan pedas atau sebaliknya jika kamu sedang merasa gugup.


2. Jumlah tersebut kira-kira setara dengan dua kolam renang yang penuh dengan air liur selama perjalanan hidup kamu


(Foto:walesonline.co.uk)

Coba kamu bayangin deh, jika setiap hari kamu memproduksi 1-2 liter air liur. Maka berapa banyak air liur yang kamu hasilkan selama perjalanan hidup kamu. Bila ditotal, air liur tersebut bisa sekitar dua kolam renang, itu jika kamu berumur panjang. Jijik deh!


3. Air liur bisa prediksi kematian
Berdasarkan penelitian, seperti peneliti dari Universitas Birmingham yang dipublikasikan di jurnal PLOS One menjelaskan bahwa air liur orang yang sehat dan air liur orang yang sedang mendekati ajalnya mempunyai kandungan imunoglobulin A (IgA) jauh signifikan.

(Foto: Mirror.co.uk)

Imunoglobulin A (IgA) ialah antibodi alami dalam tubuh yang merupakan protein yang dikeluarkan sel darah putih. Antibodi ini sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Antibodi di air liur yang berasal dari orang yang sudah mendekati ajalnya akan menyusut sangat jauh.

(brl/swh)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags