Brilio.net - Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, pasti nggak asing dengan hidangan olahan daging satu ini. Hidangan tersebut tak lain adalah bakso. Jika bosan dengan mi ayam, bakso bisa menjadi pilihan.

Kamu bisa dengan mudah menemukan menu bakso di mana saja. Mulai dari warung pinggir jalan sampai di restoran di dalam mal. Inovasinya pun selalu berkembang, mulai dari ukuran sampai isian bakso yang beraneka ragam.

BACA JUGA :
7 Rekomendasi restoran Jepang di Yogyakarta, harga di bawah Rp 50 ribu

Nah, mendekati bulan Ramadhan, menu bakso cocok kamu jadikan sebagai hidangan berbuka puasa. Kuah bakso yang hangat dan gurih bakal memanjakan perutmu yang sedang keroncongan.

Dirangkum BrilioFood dari berbagai sumber pada Kamis (31/3), berikut 10 tempat makan bakso terkenal di Jogja yang cocok buat buka bersama, harga di bawah Rp 15 ribu. 

1. Bakso Pak Yoyok.

BACA JUGA :
15 Tempat makan sate Padang di Yogyakarta, bumbunya khas banget

foto: Instagram/@masakjajan

Bagi penggemar bakso dicampur dengan sawi dan taoge, inilah warung bakso yang tepat untuk kamu pilih. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 12 ribu, kamu sudah bisa menikmati satu porsi bakso berisi bakso urat yang besar.

Lokasi Bakso Pak Yoyok ada di Jalan Perumnas Nglaren Condongcatur, Ngropoh, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

2. Bakso dan Es Buah PK Pakuningratan.

foto: Instagram/@jogjafoodhunter

Hampir semua orang Jogja pasti familiar dengan warung bakso satu ini. Nggak heran warung ini tidak pernah sepi pengunjung. Nggak cuma es buahnya yang spesial, rasa bakso di sini juga mampu memanjakan lidah. Harganya cuma Rp 10 ribu per porsi.

Lokasi Bakso dan Es Buah PK ini berada di Jalan Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta.

3. Bakso Pak Kintel.

foto: Instagram/@gembulfoodie

Salah satu bakso di Jogja yang tak kalah enak yaitu Bakso Pak Kintel. Dengan harga Rp 11 ribu, kamu sudah bisa menyantap seporsi bakso ditambah dengan sajian tetelan dan irisan paru sapi.

Untuk lokasinya berada di Jalan Jend.Sudirman No.57, Yogyakarta (Utara MCD Sudirman).

4. Bakso Urat Arema.

foto: Instagram/@voilajogja

Jika mencari suasana menyantap bakso di bawah pohon beringin, warung satu ini adalah jawabannya. Dengan membayar Rp 10 ribu, kamu bisa memilih untuk memesan bakso urat atau bakso halus.

Lokasi Bakso Urat Arema berada di Jalan Cik Ditiro (Seberang RS Mata Dr. Yap).

5. Bakso Pak Brewok.

foto: Instagram/@tiaraariesta

Tempat makan bakso yang enak dan murah ini cocok banget buat menjadi lokasi buka bersama. Selain rasa dagingnya yang sangat kuat, semangkuk baksonya pun dipenuhi dengan berbagai macam tetelan sapi. Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp 9 ribu untuk merasakan kenikmatan bakso satu ini.

Kamu bisa menemukan Bakso Pak Brewok di Jalan Pakuningratan No.10, Jetis, Yogyakarta.

6. Bakso Tengkleng Mas Bambang.

foto: Instagram/@gemarkulineran

Menyantap bakso tengkleng memberikan pengalaman menyantap bakso yang berbeda. Varian menu baksonya pun beragam. Harga satu porsinya beragam mulai kisaran Rp 13 ribu sampai Rp 21 ribu.

Lokasi Bakso Tengkleng Mas Bambang berada di Jalan Affandi No. 30, Condongcatur, Sleman.

7. Bakso Cendol.

foto: Instagram/@alinett_cooknfood

Cukup membayar Rp 10 ribu di warung ini, kamu sudah bisa mendapatkan semangkuk bakso yang unik. Seporsi bakso di sini terdiri dari beberapa butir bakso dan semangkuk cendol berwarna putih yang terbuat dari beras.

Lokasi Bakso Cendol berada di Jalan Godean No.107, Nogosaren, Ngestiharjo, Bantul.

8. Bakso Ikan Degan.

foto: Instagram/@jogjadventuretrip

Di warung ini baksonya cukup unik karena disajikan di dalam buah kelapa dan kuahnya pun terbuat dari air kelapa. Kamu bisa merasakan seporsi bakso unik ini dengan membayar Rp 15 ribu.

Lokasi Bakso Ikan Degan berada di Jalan Sugeng Jeroni No.62, Wirobrajan, Yogyakarta.

9. Bakso Sumsum Seneng.

foto: Instagram/@kulineryogya

Buat pencinta jeroan, bakso Sumsum Seger adalah surganya. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15 ribu, kamu bisa menyantap seporsi bakso nikmat ini.

Bakso Sumsum Seneng berlokasi di Jalan Godean No.11 km 4- Ruko Tambak Mas, Yogyakarta.

10. Bakso Urat Sapi Ambarrukmo.

foto: Instagram/@masclink_kulineran

Selain tempatnya strategis, rasa bakso di warung juga bikin ketagihan. Variannya pun bermacam-macam, seperti bakso urat, bakso telur. Harga juga cukup terjangkau, yaitu Rp 15 ribuan.

Kamu bisa mencoba kenikmatan Bakso Urat Sapi Ambarrukmo di Jalan Laksda Adisucipto No. 7, Ambarrukmo, Sleman.

11. Bakso Kubis Pak Tris.

foto: Instagram/@voilajogja

Selain tempatnya luas, warung satu ini juga menawarkan semangkuk bakso yang unik karena terdapat sayuran kubis sebagai campurannya. Harga bakso ini berkisar Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu.

Kamu bisa menemukan Bakso Kubis Pak Tris di area parkir Stadion Kridosono, Yogyakarta.

Reporter: Nadhifah Azhar

 

(brl/red)

10 Tempat makan bakso terkenal di Jogja, cocok buat buka bersama