Brilio.net - Pelaksanaan acara perlombaan Alquran terbesar di Kabupaten Banyuwangi, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) kembali digelar. Acara dua tahunan itu dibuka Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, pada 20 Januari 2019 lalu di Pendopo Sabha Swagata Blambangan.

Pelaksanaan acara MTQ ini diapresiasi Bupati Anas sebagai ajang untuk meningkatkan kemampuan para santri di Banyuwangi.

"Manfaatkan momentum ini untuk mengasah kemampuan hingga taraf tertinggi. Sehingga bisa menjadi bekal, tidak hanya dalam perlombaan tapi juga dalam kehidupan," ungkap Anas saat itu kepada para peserta yang didominasi kalangan milenial.

Anas juga mengharapkan, acara MTQ ini menjadi ajang mengkampanyekan Alquran khususnya bagi generasi millenial.

"Jadikan acara ini sebagai ajang untuk mendakwahkan Alquran kepada generasi millenial. Ajak teman-teman kalian untuk belajar Quran juga," imbau Anas.

Pada acara pembukaan itu, ulama muda nasional Ustaz Yusuf Mansur juga turut hadir. Pengasuh Pesantren Darul Quran ini mengaku serasa bernostalgia ketika hadir di acara pembukaan tersebut.

Dai kondang ini mengungkapkan jika dirinya telah ikut MTQ sejak usia 5 tahun. Setiap tahun ia tak pernah absen hingga terakhir pada 1992. Dirinya juga menambahkan jika bekal kepemimpinan yang dimilikinya berasal dari pengalaman ikut serta MTQ.

"Ikut MTQ itu melatih mental untuk berani tampil. Tidak grogi menghadapi massa. Berani menerima tantangan. Ini bisa jadi modal penting leadership," jelas Yusuf Mansur.

MTQ Banyuwangi © 2019 Istimewa

foto: merdeka.com

MTQ Banyuwangi diikuti oleh 387 peserta yang menjadi delegasi dari 25 kecamatan se-Banyuwangi. Mereka berkompetisi pada lima cabang lomba. Mulai dari tartil, tilawah, hifdzil qur'an, fahmil qur'an, dan syarhil qur'an.

Acara yang telah digelar pada 21-22 Januari 2019 kemarin ini menempati enam venue. Mulai dari masjid Babussalam dan aula Minakjinggo di Sekretariat Pemda Banyuwangi, Pendopo Dinas Pariwisata Banyuwangi, aula PCNU Banyuwangi, aula SMPN 1 Banyuwangi, dan Masjid Baitul Mustaqim Tukangkayu.

"Para pemenang akan mewakili Banyuwangi pada MTQ tingkat provinsi yang digelar pertengahan tahun ini," ujar ketua panitia yang juga Kabag Kesra Pemda Banyuwangi Lukman.