Brilio.net - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melakukan safari Ramadan di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi pada Selasa (7/5). Dalam kesempatan tersebut, ia meminta agar seluruh destinasi wisata memfasilitasi pelaksanaan ibadah bagi wisatawan Muslim selama bulan Ramadan ini.

Anas juga mengimbau agar setiap fasilitas di tempat wisata, seperti mushola mengumandangkan adzan Magrib dan menggelar sholat berjamaah di lokasi tersebut.

Bukan tanpa alasan, menurut Anas saat ini Banyuwangi telah menjadi salah satu kota yang menawarkan pariwisata halal friendly. Maka dari itu, Banyuwangi perlu melengkapi setiap destinasi wisatanya dengan fasilitas yang memudahkan pengunjung Muslim untuk beribadah, terutama selama bulan Ramadan ini.

imbau fasilitas ibadah wisatawan © 2019 Istimewa

foto: Merdeka.com

"Mushola di obyek wisata, kalau Maghrib harus mengumandangkan adzan sekaligus menggelar solat berjamaah, kalau memungkinkan solat taraweh bisa dilakukan juga. Toilet dan tempat wudhu wanita kalau bisa dipisahkan. Pengelola wisata juga wajib menjual takjil atau menu buka puasa," kata Anas.

Selain menawarkan pariwisata halal friendly, pada bulan Ramadan 1440 Hijriyah ini, Banyuwangi juga meluncurkan paket wisata buka puasa di tepi pantai berlatar Selat Bali dengan pemandangan sunset yang indah. Dalam paket ini, para pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan sambil mencicipi makanan lezat dan sholat Magrib hingga tarawih berjamaah.

"Saya mengimbau paket Ramadan semacam ini diikuti oleh pengelola hotel maupun tempat wisata yang ada di Banyuwangi," kata Anas.

Anas juga menambahkan, jika ia secara khusus meminta jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk tetap melakukan pengawasan objek wisata dengan semangat selama bulan Ramadan ini.

"Tidak ada alasan hanya karena puasa pelayanan kurang maksimal. Justru dengan puasa tubuh akan terasa lebih sehat," sebut Anas.

imbau fasilitas ibadah wisatawan © 2019 Istimewa

foto: Merdeka.com

Tak hanya itu saja, Anas pun mengimbau agar para karyawan pemkab terus meningkatkan ibadahnya selama bulan Ramadan ini. Mulai dari melaksanakan sholat dhuha sampai memperbanyak baca Quran di kantor.

"Ramadan adalah salah satu momen bagi kita untuk meningkatkan ibadah, yang saya harap bisa menjadi bekal untuk menghadapi bulan-bulan pasca Ramadan. Spiritual yang meningkat, saya yakin akan meningkatkan kinerja kita," tambah Anas.