×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Fakta terbaru meledaknya septic tank di Cakung

View Image

0

BRILIO » Serius

4 Fakta terbaru meledaknya septic tank di Cakung

Septic Tank tersebut milik warga Cakung, Jakarta Timur dan meledak pada Selasa siang (5/11).

07 / 11 / 2019 13:21

Brilio.net - Linimasa media sosial dibuat heboh dengan rekaman CCTV yang memperlihatkan detik-detik septic tank meledak. Pada peristiwa itu, seorang petugas sedot WC tewas setelah jatuh ke dalam septic tank. Septic Tank tersebut milik warga Cakung, Jakarta Timur dan meledak pada Selasa siang (5/11).

Warga Kapling Blok O, RT 16 RW 03, Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur menyebut, suara ledakan bak bom bahkan membuat tanah yang dipijak ikut bergetar. Radius suara ledakannya bahkan disebut bisa sampai 20 meter. Beberapa rumah dirasa bergetar sekitar 2 sampai 3 detik.

Belakangan diketahui ledakan terjadi setelah petugas selesai melakukan penyedotan tinja di rumah Agus Sholeh. Penyelidikan sementara polisi, ledakan disebabkan adanya kandungan endapan gas methan di lubang septic tank yang meledak.

Berikut ini deretan fakta terbaru meledaknya septic tank yang bikin heboh, seperti brilio.net lansir dari liputan6.com pada Kamis (7/11).

1. Sopir mobil penyedot tinja tewas.

Loading...

fakta terbaru septic tank meledak © liputan6.com

foto: liputan6.com

Satu korban tersebut adalah S (44) yaitu sopir truk tinja yang saat itu sedang bekerja. Bersama timnya, S menyedot tinja pada pukul 11.00 WIB. Selesai menyedot tinja, S lalu membakar koran dan memasukkannya ke septic tank. Hal tersebut dilakukan agar pemilik rumah yakin kalau penyedotan telah selesai.

"Untuk meyakinkan yang mempunyai rumah, sopir truk tinja mengambil koran lalu membakar koran tersebut lalu dimasukkan dalam septic tank telah padam," kata Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait saat dikonfirmasi, Jakarta.

Usai S mendapatkan uangnya sebagai upah penyedotan dari sang pemilik rumah, tak lama septic tank meledak hingga menyebabkan sopir tersebut terjatuh ke septic tank dan meninggal dunia. Dalam video yang beredar, satu rekannya ikut terpental dan mengalami luka cukup parah. Saat itu keduanya tepat berdiri di tengah lubang sebelum akhirnya meledak.

2. Murni kecelakaan kerja.

fakta terbaru septic tank meledak © liputan6.com

foto: liputan6.com

Berdasarkan hasil penyelidikan, polisi menyebut apa yang terjadi di rumah Agus Sholeh hingga menyebabkan lubang septic tanknya meledak, murni kecelakaan kerja. Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait menjelaskan, Agus Sholeh menyewa jasa sedot WC. Petugas sedot WC berusaha meyakinkan begitu pekerjaan selesai. Dia lalu mengambil koran, kemudian dibakar dan dimasukan ke lubang.

Ledakan pun terjadi hingga menghilangkan nyawa S. "Meledak kena petugas itu terjerembab masuk ke dalam. Di bawa ke rumah sakit lalu meninggal," ujar dia.

Tom menambahkan, apa yang dilakukan korban adalah tindakan yang ceroboh. Biasanya mengecek menggunakan senter, tapi ini korban memakai koran yang dibakar.

"Ini kecelakaan kerja. Biasanya petugas WC untuk memastikan konsumen bahwa septic tanknya bersih pakai senter. Mungkin kali ini ceroboh jadi pakai koran dibakar," ucap dia.

3. Gas menjadi penyebab septic tank meledak.

fakta terbaru septic tank meledak © liputan6.com

foto: liputan6.com

AKP Tom Sirait menyimpulkan, septic tank sudah lama dipenuhi kotoran manusia. Hal ini seiring laporan si pemilik rumah yang mengatakan sudah enam tahun septic tank tersebut tidak disedot.

"Septic tank mengandung gas metan, di mana-mana seperti itu," kata dia.

Tom pun mengimbau, kepada petugas sedot WC agar lebih berhati-hati. Sebaiknya tidak menyalakan api saat membersihkan septic tank.

"Jangan ceroboh bawa-bawa api kaya gitu," ucap dia.

4. Video detik-detik ledakan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sepitenk Meledak . Seorang sopir berinisial SI mobil sedot tinja tewas lantaran terkena ledakan septic tank di rumah warga, Kav Puri JIEP Blok O, Kelurahan Jatinegara Jakarta Timur yang meledak pada Senin (4/11) siang kemarin. Berdasarkan rekaman CCTV berdurasi 41 detik, petugas tersebut sedang terlihat sedang berbincang dengan pemilik rumah. Perbincangan itu terjadi tepat di bawah lubang septic tank yang dibuat di atas parkiran . Saat itu, SI telah lebih dulu memasukan koran yang dibakarnya ke dalam lubang septic tank guna membuktikan proses penyedotan telah rampung . Setelah 20 detik, pemilik rumah memberitahu kepada petugas bahwa api yang dimasukan ke dalam lubang septic tank tak kunjung padam. "Mas itu apinya lho. Kata dia enggak apa-apa (kalau) enggak mati," ungkap pemilik rumah sambil memperlihatkan rekaman CCTV kepada petugas kepolisian. Petugas yang tadinya berbicara di dekat pagar kemudian mendekati pemilik rumah. . Seketika, ledakan besar terjadi dari bawah septic tank. Penutup lubang septic tank yang tertanam di bawah lantai juga terlepas akibat terkena efek ledakan . Besarnya ledakan bahkan membuat pemilik rumah terlempar. Beruntung ia tak terjatuh ke dalam lubang septic tank. Meski selamat dari maut, pemilik rumah tak bisa berjalan lantaran terluka terkena ledakan . Nasib nahas dialami SI. Ia terjatuh ke dalam lubang dan terkena luka yang cukup parah akibat terkena serpihan ledakan di sekujur tubuhnya. Sebelumnya, Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tom Sirait mengatakan kejadian berawal saat korban, SI (44) hendak membuktikan kepada pemilik rumah bahwa tugasnya menyedot septic tank sudah rampung . "Untuk meyakinkan pemilik rumah bahwa pekerjaannya sudah selesai, korban membakar koran. Korannya yang terbakar itu dimasukkan ke lubang septic tank sampai padam," kata Tom di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (5/11/2019) . Artikel by wartakotalive #jakarta #kontributorjakarta #meledak #sepitenk

A post shared by Kontributor Jakarta (@kontributorjakarta) on





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more