Brilio.net - Nama adalah doa, begitulah banyak orang menyebutnya. Ya, setiap nama yang ada pasti tersimpan doa yang baik dari orangtuanya. Makanya, meskipun sesimpel apa pun nama yang ada, pasti terselip harapan yang besar kepada pemilik nama tersebut.

Karena itu, nggak heran jika banyak sekali penggunaan nama yang sama karena orangtua yang memberikan nama tersebut punya harapan yang sama juga. Bahkan, sebagian nama menjadi sangat sering ditemui dalam setiap pertemuan dan kesempatan.

Nah, berikut 16 nama paling populer di Indonesia, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (2/12):

1. Muhammad

Foto: namabayi.scbsfm.com

Nama ini merupakan nama yang paling favorit digunakan oleh umat Islam. Tak hanya di Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia. Coba deh ingat-ingat, pasti temanmu saat SD, SMP, SMA, kuliah, bahkan hingga di tempat kerja ada yang namanya Muhammad. Hmmm....bisa dipastikan orangtua memberi nama itu dengan harapan agar anaknya dapat meneladani Nabi Muhammad SAW. Iya kan?

2. Nur

Foto: kapanlagi.com

Nama Nur juga menjadi nama Islami yang sangat populer. Sama seperti nama Muhammad, Nur juga seringkali nongol dimana pun. Nah, salah satu tokoh di Indonesia pengguna nama Nur adalah Ustaz Maulana yang terkenal dengan kata sapaan "Jamaah...". Nama asli dari ustaz ini adalah Muhammad Nur Maulana.

3. Dwi

Foto: organisasi.org

Punya teman yang namanya Dwi? kalau punya, kamu pasti menebak kalau dia adalah anak kedua. Ya, Dwi yang berarti dua seringkali dijadikan penanda si pemilik nama adalah anak kedua. "Iya, kalau dibilang anak nomor dua ya memang benar, meskipun kakak sudah meninggal. Bisa dipastikan jika nama Dwi itu pasti anak kedua," kata Dwi Masfufah (22), mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

4. Dewi

Foto: facebook.com

Coba deh ketikkan nama Dewi pada kolom pencarian di Facebook. Ada berapa teman Facebook-mu yang punya nama Dewi? Ya, Dewi juga menjadi nama yang cukup populer digunakan masyarakat Indonesia. Dewi Lestari, Dewi Sandra, dan Dewi Persik adalah contoh artis yang menggunakan nama itu.

5. Tri

Foto: carinamabayi.com

Sama seperti Dwi, Tri adalah nama yang sering digunakan untuk memberi nama anak yang ketiga. "Saya diberi nama Tri karena memang anak ketiga. Tapi nama itu tidak saya jadikan nama panggilan karena terlalu banyak yang pakai," kata Taofiq Tri Yudhanto (24), guru swasta di Temanggung.

6. Eka dan Eko

Foto: kapanlagi.com

Eka dan Eko ini bagaikan pasangan yang namanya selalu muncul di mana-mana. Kalau Eko hanya digunakan untuk nama laki-laki, nama Eka biasanya digunakan baik untuk laki-laki maupun perempuan. Kalau di kalangan artis sih ada Eko Patrio yang menggunakan nama populer itu.

7. Sugeng

Foto: dok. istimewa

Sugeng, nama yang kental aroma Jawa ini juga masih banyak digunakan hingga saat ini. Tapi bukan berarti banyaknya yang menggunakan membuat nama ini mau dianggap pasaran, lho! Dengan bangga, para Sugeng di daerah Yogyakarta, Solo, dan Semarang membentuk komunitas Sugeng Joglosemar yang anggotanya orang yang bernama Sugeng.

8. Endang

Foto: dok. istimewa

Nggak cuma Sugeng yang punya perkumpulan nama. Para wanita yang punya nama Endang di Yogyakarta pun bersatu membuat paguyuban Jogja Endang Club yang beranggotakan sekitar 571 orang. Selain di Yogya, komunitas Endang juga sudah ada di Solo dan Semarang. "Ya manggilnya pakai profesi mbak, misalnya saya Endang PNS, lalu ada Endang salon, Endang guru dan banyak lagi," ujar Endang Wahyuni (47), anggota Jogja Endang Club kepada brilio beberapa waktu lalu.

2 dari 2 halaman

9. Asep

Foto: merdeka.com

Nah, kalau nama ini kebanyakan dimiliki oleh para laki-laki berdarah Sunda. Tak hanya berkumpul, komunitas Asep pada Oktober lalu bahkan mengadakan Konperensi Asep Asep (KAA) di Bandung. Wah, unik ya!

10. Sri

Foto: merdeka.com

Selain Endang, nama Sri juga menjadi nama yang sangat populer digunakan di Indonesia. Nama ini dianggap sangat pasaran, khususnya di Pulau Jawa. Komunitas Sri yang memiliki semboyan "Dari Sri Untuk Sri dan Untuk Bangsa" ini bahkan mencatat ada 6.000 lebih orang yang bernama Sri.

11. Bambang

Foto: facebook.com

Tak mau kalah dengan Sugeng, Endang, Asep, dan Sri, Komunitas Bambang Indonesia juga tercipta di grup Facebook. Tercatat ada  238 anggota yang masuk di Komunitas Bambang Indonesia.

12. Agus

Foto: instagram.com/agusyudhoyono

Nama Agus ini juga sering dijadikan ledekan sebagai nama pasaran. Tahu sendiri kan, banyak sekali orang yang mempunyai nama Agus. Tapi jangan salah, ada Agus Yudhoyono yang bikin nama Agus jadi keren dan bikin klepek-klepek para kaum hawa.

13. Siti

Foto: kapanlagi.com

Nggak hanya Agus, Siti juga sering banget jadi ledekan sebagai nama yang dianggap kampungan. bagi mereka yang nggak pede, maka nama Siti akan disingkat menjadi St. Banyak sekali orang zaman dahulu yang menggunakan nama Siti untuk dijadikan nama anaknya. Tapi kini nampaknya sudah sangat jarang orang yang memberikan nama Siti karena sudah dianggap kuno. Meski pasaran, tentu nama tak bisa menghalangi rezeki orang, buktinya Siti Badriyah tetap laris jadi penyanyi dangdut tuh!

14. Slamet

Foto: dok. istimewa

Orangtua yang memberikan nama ini pasti ingin anaknya selamat. Nggak cukup dengan memberikan nama Slamet, ada juga orang tua yang memberikan nama anaknya dengan Selamet Dunia Ahirat. Wah...ada-ada saja!

15. Budi

Foto: merdeka.com

Entah apa yang membuat banyak orang tertarik memberikan nama anaknya dengan Budi. Yang pasti di Indonesia ada seabrek nama Budi. Mulai Budi utomo, Budi Setiawan, Budi Santoso, Budi Mulyono hingga Komjen Budi Waseso.

16. Ayu

Foto: instagram.com/ayutingting92

Kalau kamu punya nama depan Ayu, dijamin namamu akan ada di urutan awal pada presensi sekolah. Tapi apakah semua yang bernama Ayu memang benar-benar ayu? Hanya kamu dan Tuhanlah yang tahu jawabannya!

Nah, selain 16 nama itu, kira-kira apa lagi nama yang populer sekali digunakan orang Indonesia menurutmu?