Brilio.net - Ada banyak sebutan untuk Yogyakarta. Mulai kota gudeg, kota pelajar, kota pendidikan, sampai kota budaya. Dewan Kerajinan Dunia atau World Craft Council menobatkan Yogyakarta sebagai kota batik dunia pada 2014 lalu. Ya, Jogja terkenal dengan kerajinan batik tulis yang beragam dan tentunya berkualitas.

Jika kamu sedang merencanakan perjalanan ke Yogyakarta, masukkan belajar membatik ke daftar rencanamu. Tidak perlu bingung untuk mencari tempat belajar membatik di Jogja sebab ada  kampung wisata seni batik Giriloyo yang terletak di Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

"Giriloyo ini menjadi paguyuban batik terbaik yang ada di Jogja, sebelum menjadi wisata, kampung ini sudah membuat batik bagi keluarga Sultan," jelas Siti, salah seorang pengajar batik kepada brilio.net Jumat (21/8).

Kamu hanya butuh waktu antara 25-30 menit dari pusat kota Jogja menuju Giriloyo. Sesampainya di sana kamu dapat langsung mengunjungi padepokan yang menjadi tempat belajar membatik. Para pengunjung akan mendapatkan penjelasan tentang sejarah batik Giriloyo. Tidak hanya itu pengunjung akan mendapat penjelasan cara membatik langsung dijelaskan oleh para pengrajin batik tulis. Pengrajin batik itu juga kerap  membuat batik untuk keluarga kraton.

Untuk paket wisata bisa terdiri keluarga ataupun rombongan. Masyarakat dengan ramah menyambut para pengunjung. Kelas membatik akan dilayani dengan jumlah minimal 5 orang dan maksimal 400 orang. Pihak payuban akan menyediakan kain polos dengan motif yang dapat dipilih pengunjung, kemudian pengunjung akan diarahkan untuk membatik sambil didampingi para pengrajin batik yang juga warga setempat.  Setelah kelas selesai, pengunjung pun akan disuguhi jajanan khas Jogja.

Loading...

"Kami ingin batik tetap lestari, kami ingin identitas bangsa ini tidak hilang, makanya kampung ini kami buka untuk umum," tandas Siti.