Brilio.net - Seperti yang kita tahu bahwa otak kita merupakan salah satu organ yang paling kompleks dalam tubuh. Inilah mungkin alasannya mengapa banyak ilmuwan yang kerap melakukan penelitian dengan menggunakan otak manusia sebagai objek, maupun menciptakan inovasi untuk mengungkap rahasia otak.

Seperti dikutip dari iflscience, Kamis (14/5), seorang pria bernama Greg Gage memiliki misi membuat bidang neuroscience lebih dapat dipahami oleh semua orang. "Memang saat ini pengetahuan kita tentang kinerja otak masih sangat kurang namun kita harus terus menginspirasi anak-anak agar mereka mau mempelajari hal ini lebih dalam," ungkap Greg.

Baru-baru ini, Greg mendemonstrasikan sebuah alat bernama SpikerBox yang dapat digunakan untuk mempelajari tentang reaksi elektrik dari sistem syaraf. Greg juga menambahkan, alat ini cukup sederhana jadi dapat digunakan oleh siapa saja, mulai siswa SD sampai SMA.

SpikerBox merupakan produk pertama yang dia kembangkan bersama dengan sebuah lembaga bernama Backyard Brains yang memang ditujukan untuk membuat anak-anak tertarik dengan kemampuan otak dan dengan cabang ilmu neuroscience. "Otak merupakan organ yang kompleks dan juga luar biasa, sementara banyak orang yang sangat tertarik untuk mempelajari segala sesuatu tentang otak, namun mereka belum bisa memahami kinerja otak karena memang neuroscience tidak pernah diajarkan di sekolah," sebut Gage.

Alat ini bisa digunakan oleh dua orang yang terhubung oleh elektroda dan juga sistem komputer yang dapat mendeteksi sinyal elektrik dari sebuah gerakan, yang membuat salah satu orang dapat mengontrol yang lainnya. Alat ini akan membuat satu orang dapat secara tidak sadar mengikuti gerakan yang dilakukan oleh orang lain yang juga sama-sama dihubungkan dengan elektroda tersebut.