Brilio.net - Perhelatan MotoGP musim 2015 akhirnya resmi di tutup pada balapan di sirkuit Jerez, Valencia, Spanyol dengan Jorge Lorenzo sebagai juara dunia musim 2015. Lorenzo sendiri memastikan gelarnya setelah mampu memimpin balapan dari awal hingga akhir. Sementara sang rival utama The Doctor Valentino Rossi hanya mampu finish di posisi keempat.

Terlepas dari serunya seri penutup MotoGP di sirkuit Jerez, Valencia, ada banyak momen istimewa lainnya selama pagelaran MotoGP tahun ini. Di antaranya, seperti duel sengit Rossi vs Pedrosa di Aragon, atau duel dua tim unggulan Honda vs Yamaha di MotoGP Jerman.

Berikut 7 momen terbaik seri MotoGP tahun 2015 yang berhasil brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/11):

1. Seri perdana Qatar: Rossi juara dan Iannone mencicipi podium pertama

7 Momen terbaik MotoGP musim 2015 versi brilio, mau tahu?

foto: nzahry.wordpress.com
Pertarungan sengit MotoGP tahun 2015 dimulai dari Sirkuit Losail Qatar. Seri perdana yang berlangsung pada malam hari menampilkan duel sengit sejak awal balapan, di mana Rossi berhasil mencantumkan namanya sebagai juara perdana di MotoGP 2015 sementara pebalap Italia lainnya, Andrea Iannone merasakan podium pertamanya di pagelaran MotoGP. Sejak awal duo Ducati Dovizioso dan Iannone sudah memimpin jalannya balapan disusul Jorge Lorenzo. Namun pada ujung balapan, The Doctor secara heroik mampu menyodok ke puncak setelah dengan sengit memenangi duel dengan Dovizioso.

2. Rossi vs Marquez di MotoGP Argentina

7 Momen terbaik MotoGP musim 2015 versi brilio, mau tahu? foto: foxsports.com.au
Rivalitas panas tahun ini antara Rossi dengan The Baby Alien Mark Marquez dimulai di MotoGP Argentina. Sempat bersenggolan dengan Iannone dan memulai balapan di posisi kedelapan, Rossi secara fantastis mampu menjadi juara. Puncaknya adalah pada dua putaran terakhir di balapan ketika itu Marquez tiba-tiba mendapatkan persaingan serius dari Rossi yang sudah merangsek ke depan setelah memulai balapan dari posisi delapan. Keduanya lalu bersenggolan dan membuat Marquez terjatuh. Itu merupakan crash perdana untuk Marquez di 2015, sementara Rossi sendiri tampil sebagai pemenang di GP Argentina.

3. Duel sengit Rossi vs Pedrosa di seri Aragon

7 Momen terbaik MotoGP musim 2015 versi brilio, mau tahu? foto: autosport.com
Momen pilihan ketiga yaitu duel sengit antara Rossi vs Pedrosa di GP Aragon. Pertarungan seru keduanya berlangsung di lima lap terakhir. Pedrosa dan Rossi saling memperebutkan posisi, menyalip dari dalam maupun luar tikungan. Tak jarang kedua pebalap nyaris bersenggolan. Rossi sempat berhasil mencuri posisi di depan sang lawan saat memasuki lap terakhir. Namun, Pedrosa mampu menunjukan penampilan terbaiknya musim ini dengan kembali mendapatkan posisi kedua dan mempertahankannya sampai finis.

4. Honda vs Yamaha di seri Sachsenring, Jerman

7 Momen terbaik MotoGP musim 2015 versi brilio, mau tahu? foto: motorcycle.com
Seri yang menampilkan pertarunga epik antara dua tim terbaik Honda vs Yamaha. Honda yang diwakili Marquez dan Pedrosa sementara Yamaha lewat Rossi dan Lorenzo, duel keempatnya terjadi sejak awal balapan. Honda vs Yamaha akhirnya dimenangi Honda dengan menempatkan Marquez dan Pedrosa berturut-turut di posisi pertama dan kedua. Sementara itu, duet Yamaha, Rossi dan Lorenzo harus puas di tempat ketiga serta keempat.

5. Awal drama utama MotoGP di GP Inggris 7 Momen terbaik MotoGP musim 2015 versi brilio, mau tahu? foto: cyclenews.com
MotoGP seri Silverstone Inggris sejatinya tidak banyak terjadi drama pada balapannya. Tetapi drama paling seru MotoGP tahun ini dimulai pada seri ini, dimana Marquez yang sudah menyerah dari perburuan gelar menyatakan akan berusaha menjadi penengah antara rivalitas Lorenzo dan Rossi sebagai favorit juara.

"Akan menarik melihat persaingan keduanya. Kami (Honda) akan berusaha tiba di antara keduanya di setiap akhir pekan," tegasnya.

6. Momen kontroversial Rossi vs Marquez di Sirkuit Sepang

7 Momen terbaik MotoGP musim 2015 versi brilio, mau tahu? foto: dailymail.co.uk
Ini yang paling seru! Perburuan gelar juara antara Lorenzo dan Rossi sudah dimulai sejak di MotoGP Inggris. Menjelang balapan di Malaysia, Rossi mengeluarkan tuduhan dengan menyebut Marquez sudah jadi pendukung Lorenzo dan berupaya membantu langkahnya ke takhta juara dengan kata lain merintangi usaha Rossi. Pernyataan-pernyataan itu yang kemudian menjadi pengantar balapan panas di Sepang, Malaysia. Pada putaran dua, Rossi dan Marquez bersenggolan dan membuat nama terakhir jatuh. Rossi mendapat hukuman akumulatif yang membuatnya harus mengawali balapan pamungkas di Valencia dari posisi terakhir.

7. Seri pamungkas Ricardo Tormo, Valencia: Lorenzo juara dan Rossi luar biasa

7 Momen terbaik MotoGP musim 2015 versi brilio, mau tahu?

foto: telegraph.co.uk
Drama dari petualangan MotoGP tahun 2015 berakhir di Sirkuit Jerez, Valencia. Rossi yang sebelumnya menjadi kandidat kuat juara dunia tahun ini harus menerima hukuman pemotongan poin dan memulai start dari paling buncit. Sementara itu pesaing terdekatnya Lorenzo memulai laga dari posisi pertama.

Lorenzo akhirnya memastikan menjadi juara dunia dengan selisih 5 angka dari The Doctor. Walaupun gagal menjadi juara, Rossi disebut-sebut telah menyelesaikan balapan dengan luar biasa, karena dengan heroik mampu finish di urutan ke 4 walau sebelumnya start dari posisi buncit.