Brilio.net - Selama ini kamu pasti berpikir untuk mendapatkan ketenangan pikiran adalah dengan meditasi, refleksi, atau kegiatan sejenisnya. Pernahkah kamu berpikir bahwa pekerjaan rumah tangga pun bisa menentramkan pikiranmu?

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Florida State University, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa kegiatan sederhana seperti mencuci piring ternyata bisa menenangkan pikiran dan hati. Selain itu juga dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebagaimana dilansir brilio.net dari REAL SIMPLE, Senin (26/10).

Lima puluh satu mahasiswa telah berpartisipasi dalam studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Mindfulness ini. Sekitar lebih dari setengah partisipan diajari atau diberi tugas untuk fokus terhadap pengalaman pikiran mereka selama mencuci piring, seperti aroma sabun, sensasi terkena busa, suhu airnya, dan bentuk dan desain dari piring tersebut. Sementara sisa partisipan lainnya, yang bertindak sebagai kelompok kontrol, berfokus pada hanya melakukan pekerjaan tersebut.

Hasil penemuan ini begitu mencolok. Para partisipan yang belajar tentang pendekatan pikiran melaporkan mengalami penurunan 27% kegelisahan dan peningkatan 25% stimulasi mental setelah mencuci piring. Sementara itu, kelompok kontrol tidak begitu banyak merasa mendapat manfaat serupa seperti kelompok sebelumnya. Sehingga hasil penelitian ini mengimbau bahwa untuk mengatasi pikiran tegang dan terlalu banyak bekerja, mencuci piring dengan penuh kesadaran merasakan kegiatan ini, justru bisa sebagai terapi tersendiri.

"Saya memiliki ketertarikan terhadap kesadaran pikiran sudah lama, baik sebagai praktisi kontemplatif maupun peneliti. Saya juga sangat tertarik, terutama, bagaimana aktivitas remeh dalam hidup dapat berkontribus terhadap keadaan sadar pikiran, sehingga meningkatan rasa kesejahteraaan secara keseluruhan," ungkap Adam Hanley, salah satu penulis studi tersebut.

Nah, selain mencuci piring, menikmati rutinitas semisal bernapas, duduk, bahkan, makan bisa saja meningkatkan rasa bahagia, setidaknya stres tidak terus menghantui.

Nikmati semua aktivitasmu dengan merasakan setiap sensasi pergerakan anggota tubuh. Percayalah itu bisa mengurangi tekanan berlebihan terhadap aliran darah maupun jantungmu. Coba kalau kamu buru-buru makan, mandi, dan semuanya? Napas ngos-ngosan, jantung dag-dig-dug nggak keruan. Setuju, kan? Kesehatanmu, lho!