Brilio.net - Mandi mungkin merupakan hal yang sangat penting dan menyenangkan untuk beberapa orang. Sementara ada juga beberapa orang berpendapat bahwa mandi adalah hal yang membosankan. Namun sebenarnya, seberapa sering sih seseorang harus membersihkan tubuhnya atau mandi untuk dikatakan bersih dan bebas bakteri?

Menurut Joshua Zeichner, seorang dokter sekaligus asisten profesor dermatologi Mount Sinai Hospital di New York City, mengatakan bahwa sebenarnya pertanyaan semacam seberapa sering seseorang harus mandi lebih merupakan sebuah kebiasaan dalam masyarakat saja. Sementara seorang dokter dan dermatologis asal Boston, Ranella Hirsch, menambahkan bahwa kebanyakan orang saat ini mandi terlalu sering hanya karena mandi itu termasuk dalam norma sosial.

Dilansir brilio.net dari buzzfeed.com, Jumat (27/3), Zeichner dan Hirsch juga menyebutkan bahwa terlalu sering mandi (terutama dengan menggunakan air panas) dapat membuat kulit seseorang menjadi kering dan iritasi. Hal tersebut juga dapat membunuh bakteri baik yang ada pada kulit seseorang dan juga menyebabkan munculnya luka kecil yang dapat memicu timbulnya infeksi. Kedua ahli tersebut juga menjelaskan bahwa orangtua tidak seharusnya memandikan bayi dan juga balitanya setiap hari, karena hal tersebut dapat membuat kulit si kecil menjadi tidak lagi sensitif.

Sedangkan tingkat aktivitas seseorang dan juga kondisi iklim di sebuah daerah dapat menjadi alasan seseorang untuk mandi. Seseorang boleh saja tidak mandi setiap hari, namun secara rutin melakukannya dalam 2 hari atau 3 hari sekali.

Tapi, jika kamu merasa risih dan merasa tubuhmu kotor, kamu juga bisa mencoba alternatif dengan hanya membersihkan bagian tubuh yang paling terasa kotor (wajah, ketiak, bagian vital lain) dengan kain yang telah dibasahi dengan air sabun untuk membunuh bakterinya.

Jangan lupa juga untuk selalu mengganti pakaian setiap harinya karena sebuah penelitian menyebutkan bahwa pakaian lebih dapat membantu membersihkan tubuh seseorang (menyerap minyak dan kotoran pada tubuh seseorang) daripada harus mandi setiap waktu.