Brilio.net - Benda ini tentu sudah amat dekat denganmu karena hampir pasti digunakan 2 kali sehari, bahkan lebih. Pasangan dari sikat gigi ini umumnya punya tiga fungsi sekaligus: membersihkan, memutihkan, serta menguatkan gigi. Umumnya dikemas dalam tube-tube yang jika ditekan maka akan keluar pastanya.

Zaenuddin HM menjelaskan dalam bukunya Asal-usul Benda-benda di Sekitar Kita Tempo Doeloe yang dikutip brilio.net pada Senin (3/8), pasta gigi telah muncul pada abad ke-4 di Mesir. Kala itu berbahan dasar garam, lada, daun mint, dan bunga iris. Lalu pada abad ke-9, perancang busana asal Persia, Ziryab menemukan pasta gigi yang dapat membersihkan gigi dari kotoran dan memberikan aroma yang segar. Namun pengemasan belum dalam bentuk tube seperti yang sekarang kamu gunakan sehari-hari.

Kemasan tube baru digunakan pada abad ke-18. Model ini diprakarsai oleh Dr. Washington Sheffield asal Inggris. Ide ini terinspirasi oleh kisah anaknya yang diperoleh dari jalan-jalannya di Paris, yaitu banyaknya pelukis yang menggunakan cat dalam kemasan tabung. Pengemasan cat inilah yang diadopsi oleh Sheffield.

Jadi, sudah tahu kan penemu kemasan tube pasta gigi yang nyaman di tangan itu. Terima kasih Mr. Sheffield!