Brilio.net - Kekurangan yang dimiliki seseorang bukan berarti menghalanginya dalam menghasilkan sebuah karya fenomenal. Kamu tentu tak menyangka, bagaimana bisa orang buta lihai memainkan alat musik.

Ternyata terbukti, keterbatasan secara fisik tidak menghalangi seseorang untuk berkreasi. Musisi-musisi dunia yang memiliki kekurangan fisik telah membuktikan jika mereka mampu menjadi sosok legendaris dan panutan.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber musisi-musisi dunia penyandang cacat yang menjadi legendaris, Minggu (15/11).

1. Stevie Wonder

Tak terhalang cacat, para musisi ini bikin karya legendaris, salut!

Pencipta lagu sangat terkenal, dan juga seorang penyanyi serta produser yang sangat hebat. Stevie Wonder ternyata sejak kecil terlahir buta, Stevie Wonder berhasil meyakinkan seluruh dunia bahwa buta bukan satu-satunya halangan untuk berkarya.

2. Ludwig van Beethoven

Tak terhalang cacat, para musisi ini bikin karya legendaris, salut!

Komposer hebat sekelas Ludwig van Beethoven pun tidaklah sempurna. Karya-karya era klasik hingga romantik yang diciptakannya masih bisa kamu nikmati hingga saat ini.

Pada tahun 1870, dia perlahan-lahan kehilangan pendengarannya sampai akhirnya tuli sepenuhnya. Untuk melanjutkan karyanya dalam bermusik setiap kali bermain piano, dia membuat sebuah tongkat di papan suara pianonya. Tongkat itu dia gigit, dan tiap kali tongkat itu bergetar Beethoven mampu menangkap setiap nada-nada yang keluar. Salut.

3. Brian Wilson

Tak terhalang cacat, para musisi ini bikin karya legendaris, salut!

Seorang penulis lagu hebat, anggota band The Beach Boys, Brian Wilson. Kamu tak bakal menyangka jika ia memiliki kekurangan, pendengarannya mengalami masalah tapi tidak sepenuhnya tuli.

Hal itu terjadi ketika masih kecil, ayahnya pernah memukul kepalanya dengan sebuah benda. Dia tak berhenti berkarya dan bermusik, bahkan sampai sekarang karyanya masih banyak disukai.

4. Tonny Iommy

Tak terhalang cacat, para musisi ini bikin karya legendaris, salut!

Gitaris Black Sabbath, Tonny Tommy tak sesempurna gitaris pada umumnya. Dia adalah seorang gitaris yang memiliki kekurangan pada jarinya. Pada usia 17 tahun, dalam sebuah kecelakaan pabrik industri, Tommy kehilangan ujung jari tengahnya.

Dia melelehkan botol plastik untuk dibentuk dan dipasang di jari jarinya untuk kemudian ditutup dengan kulit, sehingga pada akhirnya dia masih bisa terus memainkan nada nada indah melalui jari-jarinya itu.

5. Rick Allen

Tak terhalang cacat, para musisi ini bikin karya legendaris, salut!

Drummer Def Leppard yang memiliki satu tangan, bisa kamu bayangkan memainkan drum dengan satu tangan. Rick Allen masih terbayang akan kecelakaan yang menimpanya pada tahun 1984. Ia mengalami sebuah kecelakaan mobil yang membuatnya harus kehilangan tangan.

Untuk mengatasi keterbatasan lengannya itu, Allen membuat sebuah drum kit yang dibuat khusus. Dan dia pun masih terus bisa memukul drum meski dengan satu tangan.