Brilio.net - Mickey Mouse, kartun garapan Walt Disney memasuki usia 87 tahun pada Rabu (18/11). Hewan pengerat ini pertama kali muncul dalam episode Steamboat Willie pada 18 November 1928. Animator utama sosok Mickey Mouse adalah Ub Iwerks, selain Walt Disney sendiri.

Dikutip dari ibtimes.co.uk, Mickey Mouse sebenarnya merupakan pengganti untuk tokoh Oswald the Lucky Rabbit yang dibuat Walt Disney untuk produser asal Amerika, Charles Mintz. Inspirasi pembuatan Mickey Mouse berawal dari tikus jinak yang ada di meja Disney di Studio Laugh-O-Gram Kansas.

Mickey memiliki 3 jari di masing-masing tangannya. Hal yang mendasarinya adalah alasan artistik dan penghematan.

"Secara artistik lima jari terlalu banyak untuk seekor tikus. Tangannya akan terlihat seperti jejeran pisang. Secara keuangan, tidak memiliki jari banyak di masing-masing gambar yang totalnya ada 45.000 gambar akan membuat satu setengah menit lebih hemat dan menghemat biaya jutaan (dolar)," kata Disney.

Tokoh yang mengeluarkan kata 'hot dog' sebagai ucapan pertamanya ini awalnya ingin diberi nama Mortimer Mouse namun ditolak oleh Lillian, istri Disney karena terdengar klise. Film berwarna pertamanya adalah The Band Concert, yang dirilis pada tahun 1935.

Dalam upaya untuk membawa mouse terkenal kembali menjadi sorotan, tahun lalu Walt Disney Company mengumumkan mereka akan rebranding Mickey Mouse sebagai tikus yang lebih nakal, dimulai dengan video game "Epic Mickey" yang akan dirilis pada 30 November mendatang.