Brilio.net - Bagi Mbah Aminah, usia senja tak membuatnya harus berhenti berkerja mengais rezeki dengan cara yang mulia. Nenek usia 72 tahun ini tetap bersabar berjalan menyusuri jalan-jalan sempit pasar yang dipenuh banyak orang, hanya untuk menawarkan kerupuk seharga Rp 2.000.

Menurut Mbah Aminah, pekerjaanya sebagai pedagang kerupuk keliling di Pasar Beringharjo Yogyakarta itu sudah ditekuni sejak puluhan tahun lalu. "Saya tidak ingat, sudah sejak saya muda kok mas," tuturnya dalam bahasa Jawa kepada brilio.net, Jumat (17/4).

Selama puluhan tahun itu pula, Mbah Aminah telaten menjajakan kerupuk dan ringginan buatannya dengan tampah yang disunggi. Setiap harinya Mbah Aminah rutin berangkat di pagi hari dari kediamannya di wilayah Pacar, Sewon, Bantul, DIY menggunakan angkutan umum.

Meski mengaku sehat, fisik Mbah Aminah memang terlihat tak sekuat tekadnya. Banyak orang yang iba melihatnya harus berdesak-desakan dengan banyak orang demi rupiah yang tak seberapa. Di balik itu, banyak pula penjual pasar yang salut dengan kegigihannya dan bersimpati menjadi pelanggan Mbah Aminah.

Kendati demikian, Mbah Aminah mengaku enggan berpangku tangan dan lebih memilih berjualan sebisanya selama kakinya masih kuat berjalan. "Sedikit atau banyak itu bukan masalah, asalkan caranya baik dan benar, insyallah bisa memenuhi kebutuhan," pungkasnya.