Brilio.net - Begadang bagi sebagian orang telah menjadi sebuah kebiasaan. Terkadang ada pekerjaan yang menuntut seseorang untuk tetap terjaga semalaman. Padahal dampak kesehatan dari terlalu sering begadang juga nggak bisa dianggap remeh.

Tapi jangan khawatir, dengan menerapkan trik berikut ini kamu bisa tetap fit dan bugar ketika harus sering begadang. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber (28/12), 11 trik yang bisa bikin kamu tetap fit walau suka begadang.

1. Banyak minum air putih

Suka begadang? 11 trik ini bisa bikin kamu tetap fit tanpa kafein foto: shrinkinguy.com

Salah satu cara agar badan tetap fit adalah dengan menjaga asupan mineral bagi tubuh. Idealnya, asupan mineral bagi orang dewasa adalah dua liter perhari. Sebenarnya ini bukan hanya bagi mereka yang suka begadang sih.

Tapi daripada kamu minum minuman berenergi yang banyak mengandung kafein sebagai teman begadang, nggak ada salahnya kamu menggantinya dengan air putih.

2. Hindari alkohol dan rokok

Suka begadang? 11 trik ini bisa bikin kamu tetap fit tanpa kafein

foto: news.yale.edu

Salah satu risiko jika kamu terpaksa harus sering begadang adalah tubuhmu akan lebih rentan terkena penyakit. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu nggak memperparahnya dengan banyak merokok dan minum minuman beralkohol.

3. Kualitas atau kuantitas?

Suka begadang? 11 trik ini bisa bikin kamu tetap fit tanpa kafein foto: herbal-health.uk

Lamanya waktu tidur nggak bisa jadi tolak ukur bahwa tidur kamu berkualitas. Jangan ragu untuk tetap membuat tidurmu berkualitas walau waktunya menjadi lebih sedikit karena begadang. Beberapa cara agar mendapat tidur yang berkualitas yaitu dengan nggak makan berat sebelum tidur, menjauhkan gadget, dan memastikan kamar dalam keadaan bersih.

4. Sempatkan tidur siang

Suka begadang? 11 trik ini bisa bikin kamu tetap fit tanpa kafein foto: zmescience.com

Bagi kamu yang suka begadang, kamu bisa mengganti kekurangan tidurmu lewat tidur siang. Eits tapi tunggu dulu, kekurangan tidur saat malam hari bukan berarti kamu harus tidur terlalu lama saat siang bagaikan orang balas dendam. Cukup 30 menit sampai satu jam tidur siang sudah cukup membuatmu segar kembali.

5. Rutin olahraga

Suka begadang? 11 trik ini bisa bikin kamu tetap fit tanpa kafein foto: maastrichtuniversity.nl

Luangkan waktu minimal 30 menit untuk berolahraga. Kebiasaan begadang bisa membuatmu menjadi rentan terserang depresi. Untuk mengatasi ini kamu bisa lakukan dengan rutin berolahraga. Dengan berolahraga tubuhmu menghasilkan hormon endorfin yang memicu kebahagiaan.

6. Kurangi gula

Suka begadang? 11 trik ini bisa bikin kamu tetap fit tanpa kafein

foto: theguardian.com

Salah satu risiko bagi orang yang suka begadang adalah mudah terserang penyakit diabetes. Oleh karena itu, akan lebih baik lagi jika kamu mengurangi konsumsi gula. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula juga bisa membuat tubuhmu lemas.

7. Nikmati mahatari pagi sebagai asupan vitamin D

Suka begadang? 11 trik ini bisa bikin kamu tetap fit tanpa kafein

foto: webmd.com

Ketika begadang, tubuhmu akan memerlukan vitamin D lebih banyak. Oleh karena itu manfaatkan karunia Tuhan dari sinar matahari pagi yang banyak mengandung vitamin D. Lagipula ini bisa kamu dapatkan secara gratis kan.

8. Perhatikan asupan nutrisi

Suka begadang? 11 trik ini bisa bikin kamu tetap fit tanpa kafein foto: wisebread.com

Begadang membutuhkan energi dan nutrisi lebih banyak. Selektif dalam memilih makanan dan minuman akan membantumu untuk tetap fit. Memilih buah dan sayuran segar bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga asupan nutrisi bagi tubuh.

9. Jangan lewatkan sarapan

Suka begadang? 11 trik ini bisa bikin kamu tetap fit tanpa kafein

foto: chewonthatblog.com

Pastikan tubuhmu nggak melewati sarapan. Menurut para ahli, sarapan dapat membuatmu lebih fokus dan memiliki mood yang lebih baik. Akan lebih baik lagi jika menu sarapanmu adalah makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi.

10. Jaga kehidupan sosial

Suka begadang? 11 trik ini bisa bikin kamu tetap fit tanpa kafein foto: fiskscs.com.br

Seperti yang dikatakan di poin nomor 5, terlalu sering begadang bisa membuatmu menjadi rentan terserang depresi. Selain berolahraga menjaga kehidupan sosial juga bisa membuatmu terhindar dari depresi.

11. Konsumsi Vitamin D3 bila perlu

Suka begadang? 11 trik ini bisa bikin kamu tetap fit tanpa kafein foto: greenmedinfo.com

Kekurangan vitamin D3 merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami mereka yang sering begadang. Kalo kamu merasa asupan vitamin D dari sinar matahari pagi kurang, nggak ada salahnya kamu minum suplemen vitamin D3.