Brilio.net - Kamu pasti pernah, atau bahkan sering, menyebut orang karismatik kan? Nah, kamu pun bisa sekarismatik orang itu, lho. Soalnya para ilmuwan sudah menemukan cara menjadi pribadi karismatik sehingga memikat banyak orang. Secara ilmiah!

Sebagaimana dilansir brilio.net dari Huffington Post, Senin (7/12), penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menunjukkan bahwa karisma mungkin mengandalkan berpikir cepat. Dengan kata lain, orang-orang yang dapat merespons sesuatu dengan tangkas cenderung disebut karismatik oleh teman-temannya.

"Kami mengharapkan kecepatan mental untuk memprediksi karisma. Kecepatan tampak seperti komponen yang mendasari pentingnya kemampuan orang untuk terlihat lebih menarik, dan bahkan sedikit lebih tak terduga dalam berinteraksi sosial," ujar Bill von Hippel, pemimpin penelitian dan seorang profesor psikologi di University of Queensland di Australia. "Tapi kami terkejut menemukan kecepatan lebih penting daripada IQ dalam memprediksi karisma."

Dalam prosesnya, para peneliti merekrut kelompok pertemanan, ada sekitar total 417 orang untuk mengambil tes cepat-jawab yang dimaksudkan untuk mengukur kecepatan mental mereka. Kemudian, setiap orang melaporkan bagaimana karismatiknya teman-teman mereka yang lain dalam kelompok itu, dan masing-masing mengambil tes IQ.

Setelah membandingkan IQ, kecepatan mental, dan peringkat karisma, para peneliti menemukan bahwa kecepatan mental yang akurat bisa memprediksi karisma, sedangkan IQ tidak bisa. Para peneliti menyimpulkan bahwa kecepatan mental yang memungkinkan individu untuk menutupi reaksi yang tidak pantas dan menjadi lebih lucu saat itu juga, sehingga memungkinkan seseorang terlihat lebih karismatik.

"Kecerdasan sosial lebih dari sekadar mengetahui hal tepat untuk dikatakan. Hal ini juga menyangkut kapasitas untuk mengatakan sesuatu pada waktu yang tepat," tegas Hippel.

Jadi, jangan cuma cerdas otak ya, guys! Keterampilan mengambil keputusan dan bersosialisasi juga perlu, lho! Selamat tampil karismatik!