Brilio.net - Kamu tahu Stonehenge? Suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Nah, Stonehenge di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury adalah salah satu situs yang paling terkenal di dunia, Stonehenge merupakan lingkaran batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah.

Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh pergi ke Inggris untuk melihat jajaran batu-batu besar yang disebut dengan Stonehenge karena di Indonesia juga memiliki hal yang serupa. Adalah Batu Solor atau Batu So'on yang berada di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Wow!

Jajaran batu-batu besar yang tingginya puluhan meter itu berdiri menjulang di Desa Solor. Batu Solor merupakan situs bersejarah peninggalan zaman megalitiikum atau 2.500 tahun sebelum masehi.

"Batunya bagus dan keren, perjalanan 2 jam dari kota Bondowoso tapi sayangnya jalurnya masih jelek, transportasi umum adanya cuma ojek," ujar Amek (22), warga asli Bondowoso yang sudah pernah berkunjung ke Batu Solor, saat berbincang dengan brilio.net, Jumat (8/5).

Stonehenge yang terkenal di Inggris ternyata juga ada di Bondowoso!

Pemerintah daerah memang terus menunjukkan komitmennya dalam pembangunan pariwisata di Bondowoso. Belakangan ini akses menuju ke tumpukan batu eksotik yang terletak di desa Solor, Cermee itu sudah diperbaiki.

Entahlah bagaimana batuan ini terbentuk dan tersusun rapi. Mungkin batu Solor atau Batu So'on hanyalah sedikit dari peninggalan zaman megalitikum yang baru ditemukan di Indonesia.

Kamu tertarik mengunjunginya dan selfie di sana?