Brilio.net - Heboh pemalsuaan air zamzam oleh pedagang di wilayah Jakarta membuat orang kembali mencari tahu manfaat dari kandungan air yang sejatinya hanya ada di dalam sumur Jazirah Arab ini.

Faktanya, air zamzam diyakini mujarab untuk penyembuhan berbagai penyakit atau sekadar menghilangkan rasa dahaga. Terlepas dari alasan religius, apa sih sebenarnya kandungan dari air zamzam? brilio.net berhasil menghimpun dari berbagai sumber tentang kandungan dari air zamzam, Senin (6/4).

Tahun 1971, Tariq Hussain diutus oleh Raja Faisal untuk meneliti kandungan air zamzam. Air zamzam yang langsung diambil melalui sumur yang memiliki kedalaman 30,5 meter di bawa ke Eropa untuk diteliti.

Dari hasil penelitian tersebut menemukan bahwa air zamzam mengandung zat fluorida yang berfungsi membunuh kandungan kuman di dalam air. Tidak hanya itu, setelah dilakukan perbandingan dari beberapa air yang ada di Mekah dan sampel air dari berbagai dunia, ternyata air zamzam-lah yang banyak mengandung kuantiti kalsium dan magnesium. Kedua mineral itu mampu memberikan rasa dari air zamzam yang menyegarkan.

Selain itu, dari uji pemompaan, sumur air zamzam ternyata dapat menghasilkan air sebesar 11-18,5 liter/detik. Untuk per menitnya dapat menghasilkan 600 liter/menit. Ini mengalahkan berbagai sumber mata air di dunia yang hanya mampu menghasilkan 3-5 liter/menit.

Wah, air zamzam memang menakjubkan.