Brilio.net - Kamu pasti tak percaya jika bendungan ini terdapat di Indonesia, desainnya yang kokoh dan konstruksi bangunan yang keren bikin kamu bak sedang berada di Belanda. Bendungan yang memiliki nama Sampean Baru tersebut terletak di Bondowoso, Jawa Timur.

Bendungan ini berfungsi untuk menahan aliran air sungai menjadi sebuah waduk kemudian difungsikan sebagai sarana irigasi, pembangkit listrik dan juga rekreasi. Namun keindahan arsitektur dan panorama di sekitarnya tak diragukan lagi. Tak heran jika Bendungan Sampean Baru banyak di datangi wisatawan lokal untuk berburu foto atau melepas penat.

"Pemandangan dan arsitektur bangunannya memang keren, Bendungan Sampean Baru akhir-akhir ini memang sering dikunjungi wisatawan dari luar kota. Sudah banyak traveler yang menyempatkan waktu untuk sekadar berfoto di bendungan ini," kata Ahmad Karya Wijaya (23), salah seorang traveler kepada brilio.net, Jumat (4/11).

Sampean Baru, bendungan megah ala Belanda yang diburu traveler

foto : instagram

 

Sampean Baru, bendungan megah ala Belanda yang diburu traveler

foto : Instagram AyoDolan Bondowoso

Buat kamu yang ingin mengunjungi Bendungan Sampean Baru, jaraknya tak begitu jauh dari pusat kota Bondowoso. Hanya butuh sekitar 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor melewati jalan raya arah Situbondo. Selain bisa menikmati arsitektur bendungan yang keren, kamu juga bakal dimanjakan dengan panorama alam persawahan yang sangat indah. Kamu bakal betah deh berlama-lama di sana.

Sampean Baru, bendungan megah ala Belanda yang diburu traveler

foto : photo.navi-pon.com

Tapi ingat, musim hujan tentunya menambah debit air yang lebih besar daripada musim kemarau di bendungan ini. Buat kamu yang penasaran dan akan berkunjung ke Bendungan Sampean Baru, tak perlu turun ke bawah bendungan untuk ber-selfie, dari atas juga tetap keren kok. Tetap waspada ya...