Brilio.net - Prestasi apik kembali ditorehkan tangan-tangan dan otak kreatif dari Politeknik Negeri Bandung. Tim robot mereka, yang kali ini mengandalkan robot bernama Orang Utan berhasil meraih perunggu untuk kategori kompetisi Open-Tabel Top Nav (Auton) di ajang Robot Internasional, Robogames di San Mateo, California, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

Salah seorang anggota tim robot Politeknik Negeri Bandung Bambang Wisnuadhi,, Rabu (8/4), mengatakan, sukses tersebut cukup membanggakan. Karena, dalam partisipasi pertamanya di ajang Robogames, tim dari Politeknik Negeri Bandung sukses meraih tiga perak dan tiga perunggu.

Untuk perunggu, selain diraih robot orang utan, juga didapatkan oleh robot Kancil dalam kategori kompetisi BEAM-Speeder dan Bandung WR untuk kategori kompetisi Open - Fire Fighting (auton).

Sedang, perak diraih oleh robot bernama Komodo untuk kategori kompetisi BEAM-Photovore; siamang untuk kategori kompetisi Open - Ribbon Climber dan Nusantara WR untuk kategori kompetisi Open - Fire Fighting (auton).

Robot-robot tersebut, kata Bambang Wisnuadhi, adalah hasil karya Dendi Muhawarman dari Program Studi Teknik Elektronika-D4, Irham Yusra Muhammad dari Program Studi Teknik Informatika-D4, dan Zharfan Ghafara Gunawan dari Program Studi Teknik Perancangan dan Konstruksi Mesin-D4. "Sedangkan untuk pembimbing terdiri dari Eril Mozef dan saya," kata dia.

Robogames (robogames.net) merupakan olimpiade robot tahunan di California-USA yang dilaksanakan sejak tahun 2004 dan diikuti oleh berbagai negara di dunia seperti Indonesia, Amerika Serikat, Brasil, Kanada, Inggris, Australia, Jepang, Korea, China, Jerman dan lain-lain.

Prestasi Internasional Tim Robot Politeknik Negeri Bandung dalam ajang Robogames merupakan prestasi susulan yang sebelumnya pada tanggal 27-29 Maret 2015 berhasil memperoleh prestasi membanggakan dengan meraih dua emas, satu perak dan satu perunggu dalam Trinity College International Robot Contest.

BACA JUGA:

Keren, robot pemadam api Indonesia menangi lomba di Paman Sam