Brilio.net - Di antara kamu pasti pernah berpikiran bahwa handle pintu kamar mandi umum adalah tempat bersarangnya banyak bakteri. Karena memang mungkin saja ada orang yang tanpa mencuci tangan sehabis menggunakan toilet kemudian memegan handle pintu tersebut. Namun sekarang kamu tak perlu lagi meributkan hal itu, karena ada dua remaja asal Hongkong yang menemukan cara agar handle pintu kamar mandi dapat steril.

Dilansir dari sciencealert.com Kamis (25/6), dua remaja Hongkong yaitu Sum Ming (Simon) Wong dan Kin Pong (Michael) pertama kali memperkenalkan temuan mereka dalam acara Intel International Science and Engineering Fair beberapa waktu yang lalu.

Untuk cara kerjanya sendiri, awalnya handle pintu tersebut hanya dilapisi dengan titanium dioxide yang merupakan jenis mineral yang dapat membunuh bakteri. Namun karena sadar bahwa mineral ini dapat maksimal membunuh bakteri saat mendapat sinar ultraviolet, maka remaja berusia 17 dan 18 tahun tersebut mengembangkan temuan mereka.

Dua remaja ini berinisiatif menggunakan handle khusus yang berbentuk silinder dan terbuat dari kaca yang dilengkapi dengan LED yang dapat memancarkan sinar UV pada handle tersebut. Dan itulah yang kemudian membuat titanium dioxide dapat dengan efektif membunuh bakteri yang tertinggal sebelumnya.

 

BACA JUGA:

VIDEO: Kisah haru bocah hafalkan Al-Fatihah demi kirim doa ke ibunya

Hafit, bocah SD yang kayuh sampan 2 jam seberangi lautan ke sekolah

Bocah SD jualan gorengan demi menghidupi ibu dan kakak, salut!

Bocah ini sumbangkan 25 cm rambutnya kepada penderita kanker

Bocah usia 9 tahun ini membangun rumah untuk gelandangan