Brilio.net - Kerajaan Mataram yang didirikan oleh Panembahan Senopati mempunyai semacam perjanjian dengan penguasa Pantai Selatan bahwa setiap raja Mataram akan menjadi suami dari Nyi Roro Kidul.

Perjanjian itu berawal dari pertemuan Panembahan Senopati dengan Nyi Roro Kidul di sebuah batu Sela Gilang di Pantai Parangkusumo. Batu Sela Gilang ini adalah tempat semedi pendiri kerajaan Mataram, Panembahan Senopati.

Nyi Roro Kidul kemudian menemuinya dan melakukan perjanjian dengan Panembahan Senopati untuk melindungi kerajaan Mataram. Nyi Roro Kidul menyetujui dengan syarat bahwa setiap Raja Mataram harus jadi suami Nyi Roro Kidul.

Sela Gilang terletak di dalam kompleks Cepuri Parangkusumo terletak di Dusun Mancingan, Kelurahan Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat seluas 100 x 200 meter persegi ini langsung menghadap ke arah selatan Pantai Parangkusumo. Disekelilingnya terdapat bangunan-bangunan seperti masjid dan bangunan sebangsa tempat untuk beristirahat para peziarah.

Menurut Indratno, juru kunci Cepuri, kompleks Cepuri ini ramai dikunjungi peziarah yang ngalap berkah dan meminta doa agar hajatnya dikabulkan Yang Maha Kuasa. "Banyak yang ziarah kesini terutama Selasa dan Jumat kliwon, orang dari luar kota juga banyak," ungkapnya dengan logat jawa yang khas.

Raja Mataram ternyata punya tempat kencan khusus dengan Roro Kidul

Selain saat Selasa dan Jumat kliwon tadi, pengunjung banyak mengunjungi kompleks Cepuri ketika ada labuhan keraton."Labuhan keraton itu simbol kedekatan keraton dengan laut kidul (selatan). Sangat ramai apalagi saat labuhan ageng Kanjeng Sultan," tutup Indratno.